adplus-dvertising

Tips Buat Anak Kos, Hidup Tanpa Kulkas

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 01 Juni 2021
9619 dilihat
Tips Buat Anak Kos, Hidup Tanpa Kulkas
Buah yang disimpan dalam kantong plastik. Foto: Ist.

" bahan makanan yang awet tanpa kulkas yaitu telur, dan beberapa daging kaleng atau sosis atau bahkan olahan abon "

JAKARTA, TELISIK.ID - Untuk anak kos yang masih serba pas-pasan, hidup tanpa kulkas, apalagi di tengah pandemi COVID-19, pasti sangat sulit. Karena harus membatasi diri ke luar rumah, sedangkan untuk menyetok makanan, dibutuhkan lemari pendingin.

Berikut beberapa tips sederhana untuk menjaga makanan Anda tetap aman dan segar tanpa fasilitas kulkas, dilansir dari video tips hidup tanpa kulkas.

1. Tentukan bahan yang akan dibeli memiliki waktu awet. Misalnya sayuran, pilihlah sayuran yang lebih berserat seperti  daun singkong, kentang, wortel, terong dan jenis sayuran berserat lainnya. Jika memilih sayuran yang berbatang, maka rendamlah batang sayuran pada air agar tetap segar dan tidak layu. Selain itu jamur juga dapat dijadikan salah satu stok makanan tanpa menggunakan kulkas. Jamur memiliki jangka awet yang lama, cara penyimpanannya dapat dibungkus dalam kantung yang terisi udara agar tetap awet.


Baca Juga: 5 Kuliner Indonesia Ini Punya Kembaran di Jepang, Serupa Tapi Tak Sama

2. Adapun bahan makanan yang awet tanpa kulkas yaitu telur, dan beberapa daging kaleng atau sosis atau bahkan olahan abon. Namun jika ingin yang lebih sehat bisa menggunakan tempe. Namun untuk tempe carilah yang dibungkus daun pisang bukan plastik, karena dari segi rasa dan tahan lama, yang menggunakan daun pisang lebih enak dan awet. Kemudian taruh di ruangan yang tidak terpapar matahari.

Meski tak seawet tempe, tahu juga dapat awet beberapa hari dengan cara membiarkan tahu tersebut tetap basah dan terendam dan disimpan di ruangan yang lembab.

3. Untuk camilan, membuatnya tidak gampang rusak ialah pilihlah camilan seperti biskuit atau sereal. Lalu simpan dalam toples atau plastik yang kedap udara di ruangan yang tidak terkena matahari dan tidak lembab. Hindari camilan coklat karena jika terkena suhu panas, akan meleleh. Coklat hanya dapat berada di suhu ruang 17-21 derajat celcius.

Baca Juga: Tips Membuat Es Krim Buah Naga, Cocok Disajikan saat Cuaca Panas

4. Untuk buah, pilihlah buah seperti jeruk, apel, nenas, pisang dan ainnya. Cara menyimpannya ialah cuci buah tersebut dan keringkan lalu masukan dalam wadah dan ditutup pakai plastik lalu beri lubang yang banyak agar udara tetap dapat masuk hingga buah tidak mudah rusak. (B)

Reporter: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga