Tips Efektif Hilangkan Jerawat Batu di Wajah

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 21 Agustus 2023
0 dilihat
Tips Efektif Hilangkan Jerawat Batu di Wajah
Peradangan akibat jerawat bisa menyebar ke jaringan kulit sekitarnya dan menyebabkan jerawat baru

" Peradangan akibat jerawat bisa menyebar ke jaringan kulit sekitarnya dan menyebabkan jerawat baru "

KENDARI, TELISIK.ID - Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang sangat mengganggu, karena seringkali menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada wajah.

Dilansir dari Siloamhospitals.com, jerawat batu atau dalam istilah medis dikenal dengan jerawat kistik, adalah jenis jerawat yang cukup membandel. Selain dianggap mengganggu penampilan, kondisi ini juga tak jarang menimbulkan rasa nyeri. Sehingga, banyak orang ingin tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat batu.

Sebaiknya, jerawat batu memang perlu segera ditangani. Pasalnya, peradangan akibat jerawat ini bisa menyebar ke jaringan kulit sekitarnya dan menyebabkan jerawat baru. Maka dari itu, mari simak artikel berikut untuk mengetahui beberapa cara menghilangkan jerawat batu selengkapnya.

Apa itu Jerawat Batu?

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang muncul berupa benjolan besar meradang dan berisi nanah. Jerawat batu seringkali menyebabkan rasa nyeri ketika disentuh. Namun, pada beberapa kasus, kondisi ini tidak menimbulkan nyeri maupun gejala tak nyaman lainnya.

Jerawat batu umumnya tumbuh di bagian wajah, namun tak menutup kemungkinan jenis jerawat ini muncul di bagian tubuh lainnya seperti dada, punggung dan belakang telinga. Beberapa ciri dari jerawat batu adalah:

-Benjolan merah yang merata tanpa disertai puncak putih.

-Keluar nanah ketika jerawat matang dan pecah.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini Bisa Hilangkan Jerawat

Penyebab Jerawat Batu

Pada dasarnya penyebab jerawat batu sama dengan jerawat pada umumnya. Kondisi ini bermula dari penyumbatan pada pori-pori akibat minyak berlebih, kotoran, atau sel kulit mati. Penyumbatan tersebut memudahkan bakteri penyebab jerawat berkembang biak.

Selain itu, beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat batu adalah:

- Riwayat keluarga.

- Mudah berkeringat, sehingga tingkat kelembapan kulit cukup tinggi dan bakteri lebih mudah berkembang biak.

- Menggunakan produk kecantikan yang tidak sesuai jenis kulit.

- Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, tepatnya hormon androgen.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Dikutip dari Toraja.tribunnews.com, melansir Medical News Today, American Academy of Dermatology menyatakan, beberapa langkah sederhana yang dapat membantu mengurangi ukuran dan peradangan jerawat batu:

1. Menggunakan Es

Anda dapat menggunakan es untuk mengempeskan jerawat batu. Bungkus es batu dalam kain bersih dan aplikasikan pada jerawat selama 5–10 menit. Istirahat sejenak dan ulangi proses ini.

2. Perawatan Topikal

Gunakan produk yang mengandung 2 persen benzoyl peroxide. Oleskan pada jerawat dengan lembut. Benzoyl peroxide adalah bahan antibakteri yang efektif dan tersedia dalam produk perawatan jerawat bebas resep.

3. Menggunakan Kompres Hangat

Setelah jerawat matang dan bintik putih terlihat di tengah jerawat, gunakan kompres hangat. Rendam kain bersih dalam air hangat, lalu tekan perlahan pada jerawat selama 10–15 menit. Ulangi 3–4 kali sehari hingga jerawat sembuh.

4. Membersihkan Area

Cuci wajah dengan pembersih lembut yang seimbang pH-nya untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan make up.

Hal yang Harus Dihindari

Baca Juga: 5 Penyebab Jerawat Tak Kunjung Hilang

Selama proses penyembuhan jerawat batu, penting untuk merawat kulit dengan lembut dan menghindari tindakan yang dapat memperburuk kondisi kulit. Berikut poin-poinnya:

1. Jangan Memencet Jerawat

Jangan mencoba memencet atau memulas jerawat batu. Tindakan ini bisa memperkenalkan lebih banyak bakteri ke dalam kulit, memperlambat penyembuhan, dan meningkatkan risiko bekas jerawat.

2. Jangan Menyentuh Wajah secara Berlebihan

Hindari menyentuh wajah secara tidak perlu, karena bisa memindahkan kotoran dan minyak dari tangan ke wajah.

3. Jangan Menggunakan Produk Beralkohol

Hindari produk perawatan kulit yang mengandung alkohol, karena dapat mengiritasi kulit dan memperparah jerawat.

4. Jangan Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Kasar

Hindari menggosok kulit terlalu keras atau menggunakan produk perawatan yang kasar. Hal ini akan menyebabkan kulit iritasi, khususnya bagi kulit yang sensitif.

5. Jangan Menggunakan Bahan Alami yang Tidak Terbukti Efektif

Hindari menggunakan bahan-bahan alami seperti pasta gigi atau ramuan lainnya yang tidak didukung oleh bukti ilmiah yang kuat. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga