Tips Jualan Kuliner Anti Gagal bagi Pemula

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 09 Desember 2023
0 dilihat
Tips Jualan Kuliner Anti Gagal bagi Pemula
Bisnis kuliner adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Sebelum memulai bisnis, penting mempelajari dulu beberapa tips cara mulai usaha di bidang kuliner dengan modal kecil ini. Foto: Youtap.id

" Bisnis kuliner adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Sebelum memulai bisnis, penting mempelajari dulu beberapa tips cara mulai usaha di bidang kuliner dengan modal kecil ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Bisnis kuliner adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Sebelum memulai bisnis, penting mempelajari dulu beberapa tips cara mulai usaha di bidang kuliner dengan modal kecil ini.

Jika passion Anda di bidang makanan dan minuman, maka bisnis kuliner dengan modal kecil bisa segera dilakukan. Berikut ini tips yang perlu Amda pelajari sebelum memulai bisnis dikutip dari Kompas.com dan youtap.id:

1. Matangkan konsep

Langkah awal dari cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil adalah matangkan dulu konsep menu dan bagaimana usahanya akan dijalankan. Kapan Anda memasak, sebelum atau sesudah ada pesanan masuk?

Keunikan, value, harga, perlu dipikirkan sejak awal. Dalam hal ini penting untuk melakukan pengamatan dan survei lapangan. Matangkan juga darimana bahan baku bisa diperoleh dan tempat penyimpanan bahan baku.

Baca Juga: Ini Cara Mencegah Pelecehan Seksual

Selain itu, matangkan juga konsep pemasaranya. Apakah Anda akan memulai dengan pemasaran online sebagai mitra GoFood, Grab Food, dan Shopee Food? Promosinya seperti apa? Anda perlu memikirkan tempat usaha, bentuk desain booth usaha atau gerobak jualan, display etalase, serta perlengkapan dan peralatan masak.

2. Lakukan survei dan riset

Sebelum memulai bisnis kuliner penting untuk melakukan survei atau riset pasar untuk mengetahui peluang dari menu kuliner yang akan anda pilih. Caranya adalah dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai pesaing bisnis yang ada. Cek apa kelebihan dan kekurangan dari menu yang mereka jual, dari sana dapat ditemukan peluang apa yang terbuka untuk Anda.

3. Bikin rencana usaha yang jelas

Rencana yang matang dan detil merupakan separuh keberhasilan usaha. Cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil juga memerlukan rencana usaha atau business plan. Maksudnya agar dapat terbayangkan tentang perputaran uang (cash flow) -nya.

Rencana Usaha merupakan simulasi cara memulai bisnis kuliner, perputaran uang,  dan strategi pengembangan. Selain itu, pentingnya membuat business plan adalah agar sekiranya Anda membutuhkan partner atau investor, maka Anda dapat mempresentasikan rencana bisnis kuliner tersebut dengan jelas.

Business plan antara lain berisi mengenai:  

- Rencana keuangan, jumlah modal usaha dan rincian detil penggunaannya.

- Tim kerja: koki, admin, kasir, kurir, asisten, marketing promosi, dan lain-lain. Untuk usaha dengan modal kecil, biasanya pekerjaan dirangkap oleh pemilik usaha.

- Menu dan harga jual, sehingga tergambarkan berapa besar potensi keuntungan bisnisnya.

- Strategi pemasaran.  

- Waktu pelaksanaan.

4. Lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis memerlukan pengamatan survei lapangan. Anda perlu mengamati langsung pada waktu sarapan pagi, makan siang, makan malam, diantara jam makan siang dan makan malam. Siapa saja dan berapa banyak orang yang melintasi lokasi pengamatan Anda.

5. Ciptakan nama dan usaha

Penciptaan nama atau merek usaha sangat penting. Manfaatnya adalah agar dapat dikenali calon konsumen yang lewat lapak Anda atau yang mencarinya di Google Maps. Nama usaha dapat Anda kreasi, namun pilihlah nama yang nyantol dengan produk yang Anda buat.

Baca Juga: Hindari Warna Ini Dalam Kamar jika Tak Ingin Sial

Nama-nama item menu juga sebaiknya dibuat sekreatif mungkin agar menarik perhatian konsumen. Sebagai pendatang baru dalam bisnis kuliner, tentunya produk Anda perlu menarik perhatian secara penamaan maupun rasa dan harganya.

6. Perkenalkan usaha dan Produk

Memperkenalkan nama usaha dan menu kuliner Anda melalui sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter adalah salah satu cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil yang sangat efektif. Anda dapat membuat akun dan fanpage sesuai dengan nama usaha Anda. Buatlah logo yang mudah diingat orang.

Lalu buat konten-konten promosi yang menarik setiap hari, berupa foto dan video, yang memperlihatkan bentuk menu kuliner Anda. Mungkin bisa juga ditampilkan harganya. Bagikan konten-konten promosi tersebut melalui Whats App dan Telegram. Sebaiknya,  usaha kuliner Anda bermitra dengan Go Food, Grab Food, dan Shopee Food agar semakin dikenal orang. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga