Tips Kamar Tetap Hangat di Musim Penghujan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 28 Februari 2024
0 dilihat
Tips Kamar Tetap Hangat di Musim Penghujan
Di musim penghujan kita tetap bisa menghangatkan kamar tidur menggunakan barang-barang yang ada di rumah. Foto: Repro Parapuan.co

" Kita tetap bisa menghangatkan kamar tidur menggunakan barang-barang yang ada di rumah, tentunya tanpa harus membeli penghangat ruangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketika memasuki musim penghujan, seringkali ruangan di dalam rumah menjadi dingin karena suhunya menjadi turun, termasuk kamar tidur. Padahal kamar tidur digunakan untuk beristirahat, jika kita terlalu kedinginan atau alergi dingin, maka hal ini akan mengganggu waktu tidur.

Untuk mengatasinya, kita tetap bisa menghangatkan kamar tidur menggunakan barang-barang yang ada di rumah, tentunya tanpa harus membeli penghangat ruangan.

Berikut tips menghangatkan kamar di saat musim penghujan seperti dilansir dari Parapuan.co dan rukita.co, antara lain:

1. Pasang tirai

Saat hujan turun biasanya suhu udara menjadi dingin sehingga menutup jendela kamar saja belum menyelesaikan masalah. Hawa dingin dari luar masih dapat menembus kaca dan membuat suhu di dalam kamar jadi dingin.

Baca Juga: Tips Parenting Anak Tanpa Baby Sitter ala Nikita Willy

Nah, karena itu ada baiknya kamu memasang atau mengganti tirai pada jendela di kamar dengan bahan yang lebih tebal. Selain untuk menghalangi cahaya matahari yang masuk, tirai tebal juga dapat berfungsi untuk menahan suhu dingin dari luar yang mencoba masuk.

2. Bantal wol

Barang di rumah yang bisa dipakai untuk menghangatkan kamar tidur adalah bantal wol, yang memang jenis kainnya ini memiliki sifat panas atau menghangatkan.

Agar lebih hangat, kita bisa memilih warna cokelat atau hijau tua untuk kain wolnya. Tidur kita akan lebih nyenyak di musim hujan karena kehangatan bantal wol ini.

3. Ubah posisi kamar tidur

Sebaiknya kamu juga mengubah posisi kasurmu jika bersebelahan dengan jendela. Meski tirai tebal mampu menahan hawa dingin, bukan berarti tidak ada hawa dingin yang menyelinap masuk ke kamar kamu dan mengenai tubuhmu saat tidur. Jadi, sebaiknya pindahkan kasur menjauhi jendela supaya kamu tidak langsung terpapar hawa dingin dari luar dan tetap merasa hangat.

Baca Juga: Ini Tips Mudah Cegah Rambut Lepek

4. Lampu meja cahaya kuning

Kita juga bisa menambahkan lampu yang bercahaya kuning pada kamar tidur. Alhasil, ruangan akan terasa lebih nyaman dan hangat. Kita bisa memilih lampu dinding berukuran kecil sebagai lampu tidur atau menggunakan lampu meja yang diletakkan di samping tempat tidur.

5. Tanaman hijau dalam kamar

Meletakkan beberapa tanaman hijau tidak hanya meningkatkan suhu di kamar tidur, tapi juga bisa membuatnya terlihat lebih indah dan asri. Selain itu, beberapa jenis tanaman juga memberikan efek menenangkan dan membersihkan udara dari polusi, jamur, serta bau tidak sedap. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga