adplus-dvertising

Tips Memilih Aplikasi Pinjam Uang yang Terpercaya

Saydul Akram, telisik indonesia
Kamis, 03 Desember 2020
1713 dilihat
Tips Memilih Aplikasi Pinjam Uang yang Terpercaya
Ilustrasi. Foto : Teknologi.id

" Berikut Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Uang Online Terpercaya "

Telisik.id - Mengambil pinjaman di aplikasi pinjam uang adalah komitmen yang harus dibuat, namun, dengan begitu banyak pilihan yang tersedia dan dengan banyak situs pinjaman di seluruh internet, mungkin sulit untuk mengetahui mana yang harus dipilih.

Hal yang dipertimbangkan juga, fakta bahwa uang dipertaruhkan di sini. Salah satu langkah terpenting yang perlu diambil sebelum mendapatkan pinjaman dari aplikasi pinjaman online adalah memastikan bahwa perusahaan itu sendiri memiliki reputasi dan keamanan yang baik. Lagi pula, menjadi korban penipuan pinjaman dan berpotensi berujung pada hutang sebagai akibatnya, (ketika Anda kemungkinan mengambil pinjaman) bisa berakhir buruk.

Namun dalam hal memeriksa apakah aplikasi pinjaman aman digunakan, tidak sesederhana hanya dengan melihat aplikasi dan melihat apakah aplikasi tersebut terlihat sah atau tidak. Lantas, apa yang Anda cari? Kami memberikan gambaran singkat mengenai hal-hal yang perlu Anda ketahui saat mengecek aplikasi pinjaman, sehingga dapat memastikan bahwa aplikasi itu adalah pinjaman online terpercaya.


1. Apakah Mereka Memiliki Server yang Aman?

Saat Anda mempertimbangkan pemberi pinjaman online, penting untuk memeriksa bahwa perusahaan memiliki server yang aman. Ini berarti semua informasi pribadi dan keuangan diamankan dengan aman melalui teknologi enkripsi. Jika Anda bertanya-tanya apa sebenarnya yang harus diperhatikan, banyak pemberi pinjaman terkemuka akan menggunakan lapisan soket aman 128-bit (SSL). Jadi perhatikan baik-baik website yang mereka kelola apakah sudah menggunakan SSL atau tidak. Dan pastikan sudah menggunakan domain TLD (.com, co.id dan sejenisnya).

2. Apakah Mereka Menyediakan Nomor Telepon?

Satu hal yang harus diperhatikan ketika melihat aplikasi pinjam uang tersebut adalah apakah mereka mudah dihubungi atau tidak. Apakah mereka memberikan nomor telepon yang terlihat jelas di aplikasi? Apakah mereka juga menyediakan alamat email? 

Langkah sederhana namun mudah dilupakan seperti ini yang harus diingat. Idealnya, Anda ingin melihat nomor dan alamat yang terlihat lokal bagi dan tidak berbasis di luar negeri.

3. Apakah Mereka Memiliki Testimonial?

Ini bisa dibilang sebuah PR bagi Anda, yaitu memeriksa apakah aplikasi pinjaman online tersebut memiliki testimonial. Anda bisa mengecek sejumlah review atau ulasan aplikasi tersebut melalui PlayStore atau AppStore seperti aplikasi Tunaiku. Jadi, selain hanya memiliki ulasan, melihat ulasan yang sah dari pengguna asli dapat membantu mengetahui apakah perusahaan pinjaman itu baik atau tidak.

4. Apakah Perusahaan Pinjaman Memeriksa Rekening Bank?

Dalam beberapa kasus, pemberi pinjaman mungkin meminta informasi bank untuk mengetahui kemana harus mengirim dana pinjaman setelah aplikasi disetujui. Namun, tidaklah normal bagi bank untuk meminta informasi login perbankan online untuk memeriksa akun.

Jika ini terjadi, mungkin ada penipu yang mencari akses ke akun untuk melakukan penarikan atau transfer ke akun mereka sendiri.

5. Apakah Perusahaan Pinjaman Meminta Uang di Muka?

Beberapa pemberi pinjaman mengenakan biaya yang disebut biaya originasi untuk memproses pinjaman. Namun, biaya ini biasanya dipotong dari pencairan pinjaman. Tidak ada pemberi pinjaman yang sah yang akan meminta membayar biayanya secara langsung sebelum bisa mendapatkan akses ke uang.

Jadi saat membutuhkan uang dan memiliki kredit yang jelek, Anda dapat dengan mudah menerima tawaran apa pun untuk pinjaman pribadi termasuk melalui aplikasi pinjam uang. Tetapi selalu ada penipu yang menunggu untuk memanfaatkan situasi itu. Mereka mungkin menawarkan pinjaman pribadi melalui iklan situs online. Maka dari itu, Anda harus selalu teliti dan hati-hati.

Artikel Terkait
Baca Juga