Tumor Colli, Penyakit yang Buat Aktris Aurelie Moeremans Tak Bisa Senyum

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 18 Maret 2023
0 dilihat
Tumor Colli, Penyakit yang Buat Aktris Aurelie Moeremans Tak Bisa Senyum
Aktris cantik Aurelie Moeremans mengumumkan dirinya mengidap tumor colli yang membuat lehernya terdapat benjolan. Foto: Repro Orami.co.id

" Kutipan Aurelie Moeremans mengumumkan bahwa dirinya mengidap tumor colli "

JAKARTA, TELISIK.ID – Aktris cantik Aurelie Moeremans akhir-akhir ini jarang terlihat di industri series dan perfilman Indonesia. Dia lebih sering aktif di Instagram pribadinya. Hal itu ternyata disebabkan karena kondisi kesehatan sang aktris yang kurang baik.

Dilansir dari Okezone.com, Aurelie Moeremans mengumumkan bahwa dirinya mengidap tumor colli. Hal tersebut diketahuinya usai merasakan ada benjolan di bagian leher dan menjalani USG untuk memastikan kondisi kesehatannya tersebut.

Usai mengetahui bahwa dirinya mengidap tumor colli, perempuan 29 tahun ini mengaku sempat menjalani berbagai pengobatan. Salah satunya melakukan suntikan khusus di bagian rahang bawah.

Hal tersebut sontak membuatnya merasa minder. Pasalnya, suntikan tersebut bukannya mengecilkan benjolan di lehernya, malah membuat sebagian wajah sang aktris mengalami kelumpuhan.

Baca Juga: Mendesah Tanda Orgasme, Benarkah?

"2 minggu setelah suntik, di awal Januari 2023 bagian bawahnya wajah seakan lumpuh dong!! Nggak bisa buka lebar-lebar, stuck! Nggak bisa senyum sama sekali," kata Aurelie dikutip dari akun @aurelie, Sabtu (18/3/2023).

Setelah 3 bulan pasca menerima suntikan tersebut, kondisi bintang film EL ini mengaku mulai membaik. Meski senyumnya belum bisa selebar dahulu.

"Sekarang udah tiga bulan, udah jauh lebih baik tapi belum bisa senyum seperti dulu," bebernya.

Sejak saat itu, mantan kekasih Marcello Tahitoe ini mengaku menjadi minder jika bertemu orang lain. Bahkan, ia juga sampai terpaksa membatalkan beberapa proyek syuting untuk menjalani pemulihan.

Apa Itu Tumor Colli

Dikutip dari Health.detik.com, istilah tumor colli biasanya digunakan untuk kondisi yang menyebabkan munculnya pembesaran atau pembengkakan di leher.

Tumor ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Meski sebagian besar penyebabnya tak berbahaya, tumor pada leher tetap harus diwaspadai lantaran bisa saja bersifat ganas. Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan pembengkakan leher di antaranya:

1. Infeksi

Infeksi bisa memicu pembengkakan kelenjar getah bening, salah satunya bisa terjadi di leher. Adapun penyebab yang satu ini ternyata juga dialami oleh Aurelie Moeremans.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, benjolan di leher Aurelie muncul akibat infeksi. Pembengkakan atau benjolan ini biasanya tak menimbulkan rasa nyeri dan terasa lunak. Selain di leher, pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa muncul di ketiak, bawah rahang, dan di atas tulang selangka.

2. Penyakit Tiroid

Tumor colli yang berada pada bagian depan leher biasanya berasal dari kelenjar tiroid. Salah satu penyebab yang umum adalah gondok. Pada penyakit ini, kelenjar gondok mengalami pembesaran dan biasanya disertai dengan kadar hormon tiroid yang tidak normal, bisa rendah (hipotiroidisme) maupun tinggi (hipertiroidisme).

Selain gondok, penyakit tiroid lainnya yang dapat memicu tumor colli bisa berupa nodul tiroid dan kanker tiroid. Pada kasus kanker tiroid, gejalanya dapat berupa benjolan di tenggorokan, batuk, suara serak, nyeri tenggorokan, hingga sulit menelan.

Baca Juga: 5 Gerakan Kecil Ini Bisa Atasi Rasa Lelah di Kantor

3. Kanker

Selain kanker tiroid, pembengkakan di leher juga bisa disebabkan oleh kanker lain. Beberapa jenis kanker yang bisa menimbulkan gejala benjolan pada leher adalah limfoma hodgkin dan limfoma non-hodgkin.

Kedua kanker ini menyerang kelenjar getah bening dan bisa menyebabkan benjolan di leher yang biasanya tidak nyeri. Selain limfoma, kanker lain yang bisa menyebabkan tumor colli antara lain leukemia, melanoma, dan kanker kulit yang terjadi di bagian leher. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga