Turunkan Ratusan Personil, Polres Baubau Petakan TPS Rawan Pemilu

Elfinasari, telisik indonesia
Senin, 05 Februari 2024
0 dilihat
Turunkan Ratusan Personil, Polres Baubau Petakan TPS Rawan Pemilu
Pengecekan kesiapan peralatan pengamanan yang berlangsung di Lapangan Polres Baubau. Foto: Ist.

" Pemilihan umum akan terselenggara kurang dari 10 hari lagi dan masyarakat Kota Baubau akan melakukan pemilihan Presiden (Pilpres) hingga anggota legislatif, baik tingkat daerah maupun pusat "

BAUBAU,TELISIK.ID - Pemilihan umum akan terselenggara kurang dari 10 hari lagi dan masyarakat Kota Baubau akan melakukan pemilihan Presiden (Pilpres) hingga anggota legislatif, baik tingkat daerah maupun pusat.

Lembaga yang terlibat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) mulai mempersiapkan sarana dan prasana pendukung pesta rakyat, termasuk masalah pengamanan dari aparat berwajib yang ditugaskan menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya Pemilu 2024 mendatang.

Kapolres Baubau, AKBP Bungin Masokan Misalayuk mangatakan, kesiapan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 merupakan tanggung jawab bersama.

“Dipastikan setiap tahapan pengamanan TPS sudah disiapkan dengan baik dan sesuai standar operasional yang ditetapkan,” tuturnya, Senin (5/2/2024).

Baca Juga: Optimis Satu Putaran, Relawan AMIN di Baubau Lakukan Ini

Saat ini telah dilakukan pengecekan kesiapan peralatan pengamanan seperti rangsel pungung, peralatan pribadi anggota, bekal kesehatan obat-obatan, buku saku, roling bed, senter, HT, tongkat, jas hujan, borgol dan peralatan lainnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh anggota kepolisian untuk menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi dan profesionalisme demi terciptanya Pemilu yang aman, damai, dan kondusif.

Polres Baubau menyiagakan sejumlah 181 Personil untuk bertugas di 522 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Baubau dan sebagian Kecamatan di Buton Selatan (Busel).

“Terdapat 181 Personil yang akan bertugas di sejumlah TPS,” ungkap Kasi Humas Polres Baubau, AKP Abdul Rahmad.

Dalam pelaksanaanya, Polres Baubau membagi personilnya dalam tiga kategori pengamanan  TPS. Kategori Sangat Rawan ditempatkan 14 personil atau dua personil masing-masing di TPS.

Baca Juga: Unik, Perpustakaan Motif Kampurui Bakal Hadir di Baubau

Selanjutnya 14 personil di TPS Rawan dan 153 personil di TPS kurang Rawan. Sementara TPS Paling Rawan berada di Kecamatan Kepulauan wilayah Polres Baubau.

Dari 522 TPS, Polres Baubau mengkategorikan 7 TPS Paling Rawan di wilayah hukumnya, disusul status rawan 14 TPS dan kurang rawan 501 TPS.

522 TPS tersebut terdapat 448 di wilayah Kota Baubau dan 74 lainnya di Kecamatan Batuatas dan Kadatua Kabupaten Buton Selatan.

Pengkategorian TPS rawan pelanggaran pemilu bukan karena daerahnya kerap terjadi kasus saat pemilu, namun eskalasi letak geografisnya yang jauh dari markas polisi dan aksesibilitas kepolisian di wilayah tersebut mengarungi lautan. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga