Uang Dana Desa Dirampok, Pelaku Dibekuk Polisi

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Sabtu, 24 September 2022
0 dilihat
Uang Dana Desa Dirampok, Pelaku Dibekuk Polisi
Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi ketika memberikan keterangan kepada sejumlah awak media. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Deli Serdang, Polda Sumatera Utara menangkap terduga pelaku perampok uang Dana Desa Medan Senembah, Kecamatan Tanjung Morawa "

MEDAN, TELISIK.ID - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Deli Serdang, Polda Sumatera Utara menangkap terduga pelaku perampok uang Dana Desa Medan Senembah, Kecamatan Tanjung Morawa daerah setempat.

Ada tiga orang terduga pelaku yang berhasil diamankan. Mereka adalah NS, MS dan RS. Ketiganya adalah warga Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara.

Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi membenarkan jika ketiganya telah ditangkap.

"Iya, ketiganya telah diamankan dari lokasi persembunyian. Ketiganya ditangkap tanpa perlawanan," ucap Hadi Wahyudi, Sabtu (23/9/2022).

Baca Juga: Pria Tanpa Identitas Ditemukan Sekarat di Pos Satpam Bank Mandiri Kendari

Diceritakan Hadi, pelaku telah mengambil uang Rp 106 juta dari mobil Toyota Vios milik Pemerintah Desa Medan Senembah, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

Pelaku membuntuti mobil yang ditumpangi oleh Kepala Desa Medan Senembah dari mulai Bank Sumut sedang mengambil uang. Insiden itu terjadi Selasa 6 September 2022.

"Mereka mebuntuti korbannya. Ketika mobil korban diparkirkan di Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang. Pelaku memecahkan kaca mobil itu dan mengambil uangnya, setelah itu pelaku kabur," tambahnya.

Usai melakukan perampokan itu, ketiga pelaku langsung membagikan uang itu dan melarikan diri. Sedangkan korban membuat laporan ke Mapolresta Deli Serdang.

"Selain mengamankan pelaku, tim juga mengamankan satu unit mobil Toyota Avanza BK 1554 TAA, sepeda motor, empat handphone, kunci T, tang dan pisau," ungkap Hadi.

Diakui Hadi, uang yang dicuri oleh tiga orang itu rencananya akan diberikan kepada masyarakat desa sebagai bentuk bantuan langsung tunai.

"Iya, itu uang BLT. Untuk saat ini kasus ini masih dikembangkan," terangnya.

Terpisah, Kepala Satuan Reserse Kriminal Umum (Kasatreskrim) Polresta Deli Serdang, Kompol I Kadek ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya penangkapan itu.

"Ketiganya telah ditahan di Mapolresta Deli Serdang untuk proses lebih lanjutnya. Tim masih melakukan pengembangan terkait dengan kasus ini," ungkapnya.

Baca Juga: Meski Ada Bocah Tewas Tenggelam, Kolam Renang Water Land Tamora Masih Buka

Diakui Kadek, ketiga paku diamankan berdasarkan proses penyelidikan dan penyidikan dari tim Polresta Deli Serdang dan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Utara.

"Iya, turun juga tim Ditreskrimum Polda Sumatera Utara membekup kami untuk memburu dan menangkap pelaku," ucapnya.

Sampai saat ini, penyidik masih melakukan pemeriksaan intensif kepada ketiga pelaku. Kadek belum menjawab apakah keriga pelaku ditembak atau tidak.

"Mengenai adanya keterlibatan dengan narkoba, kami belum melakukan cek tes urine. Kami juga belum memeriksa, ke mana uang hasil pencurian itu digunakan oleh para pelaku. Karena sedang proses pengembangan," tandasnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

Baca Juga