UNICEF: Gaza jadi Kuburan Massal Anak-Anak Palestina, Korban Tewas Tembus 9.061

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 03 November 2023
0 dilihat
UNICEF: Gaza jadi Kuburan Massal Anak-Anak Palestina, Korban Tewas Tembus 9.061
Sebanyak 9.061 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober. Lebih dari 1.400 orang tewas di Israel. Foto: Aljazeera.com

" Israel terus melanjutkan serangan udaranya yang mematikan di Gaza, ketika militer mengatakan mereka telah mengepung Kota Gaza "

TEL AVIV, TELISIK.ID - Israel terus melanjutkan serangan udaranya yang mematikan di Gaza, ketika militer mengatakan mereka telah mengepung Kota Gaza.

Diperkirakan 3.000 warga Palestina dari Gaza yang bekerja di Israel ketika perang dimulai terpaksa kembali ke daerah kantong tersebut. Ribuan orang diyakini hilang di tengah kampanye penangkapan massal setelah 7 Oktober.

Setidaknya sembilan warga Palestina tewas dalam serangan Israel semalam di Tepi Barat yang diduduki, termasuk lima orang di Jenin seperti dikutip dari Aljazeera.com.

Baca Juga: Aksi Bela Palestina Diikuti Tokoh Lintas Agama, Dilarang Bawa Atribut Kontestan Pemilu 2024

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah akan menyampaikan pidato publik pertamanya sejak dimulainya perang, sementara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken sedang dalam perjalanan ke Israel, perjalanan ketiganya dalam beberapa pekan terakhir.

Setidaknya 9.061 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober. Lebih dari 1.400 orang tewas di Israel. Dana Anak-Anak PBB (UNICEF) menyebut Gaza sudah berubah menjadi kuburan anak-anak ketika jumlah anak-anak meninggal dunia di Jalur Gaza sejak 7 Oktober terus meningkat.

"Kekhawatiran terbesar kami mengenai jumlah anak-anak yang terbunuh bakal meningkat dari puluhan menjadi ratusan menjadi ribuan, terbukti hanya dalam waktu dua pekan," kata Juru Bicara UNICEF James Elder dalam konferensi pers PBB di Jenewa pada Selasa dikutip dari Amtaranews.com.

UNICEF menyesalkan jumlah kematian anak-anak di bawah umur telah melebihi 3.450 orang.

"Yang mengejutkan, jumlah ini meningkat secara signifikan setiap hari. Gaza telah menjadi kuburan anak-anak. Ini neraka bagi semua orang," ujar Elder.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf al-Qudra kini mengadakan konferensi pers di Gaza. Berikut adalah beberapa angka yang telah ia berikan yaitu:

- 1.200 anak masih terkubur di bawah puing-puing.

- 136 paramedis tewas.

- 25 kendaraan ambulans hancur total.

Baca Juga: Ternyata Ini Hubungan Semangka dan Palestina yang Viral di Medsos

- 126 rumah sakit dan 50 pusat kesehatan lainnya menjadi sasaran.

Kementerian Kesehatan Gaza juga menyerukan pada semua pihak, komunitas internasional untuk membuka koridor aman untuk pengiriman pasokan medis, bahan bakar, dan juga mengizinkan tim sukarelawan medis dari luar untuk masuk dan memberikan bantuan.

"Kami meyakinkan masyarakat kami dan kami menghimbau masyarakat kami untuk datang ke rumah sakit terdekat, pusat kesehatan untuk mendonorkan darah. Kami menyerukan Palang Merah Internasional untuk menyediakan jumlah darah guna membantu orang-orang, membantu menyelamatkan nyawa," bebernya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga