Viral: Al-Qur'an Ditemukan Masih Utuh di Dalam Rumah yang Ludes Terbakar di Kolaka Timur

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 22 April 2024
0 dilihat
Viral: Al-Qur'an Ditemukan Masih Utuh di Dalam Rumah yang Ludes Terbakar di Kolaka Timur
Penampakan Al-Qur'an yang utuh dan masih bisa terbaca, ditemukan di dalam rumah yang ludes terbakar. Foto: Screenshot video

" Beredar video, warga menemukan Al-Qur'an masih utuh di dalam rumah yang ludes terbakar di Desa Loka, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Beredar video, warga menemukan Al-Qur'an masih utuh di dalam rumah yang ludes terbakar di Desa Loka, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur.

Tampak dalam video yang diterima Telisik.id memperlihatkan Al-Qur'an tersebut terlihat terbakar pada bagian tepi luar, namun dalamnya masih utuh dan tulisannya masih terlihat.

Bahkan, tak ada satu lembar pun dari Al-Qur'an tersebut yang rusak. Meskipun kobaran api mampu menghanguskan dua rumah warga.

Namun akibat kebakaran itu, pinggiran Al-Qur'an terlihat kotor dampak dari puing-puing rumah yang menjadi debu.

"Rumah sudah rata dengan tanah. Hanya tinggal Al-Qur'an ini yang tidak terbakar, masih utuh dan bisa dibaca dengan jelas," ungkap Kapolsek Rate-Rate, AKP Muh Arman.

Baca Juga: Viral Remaja Putri Dianiaya Rekannya di Buton Selatan, Netizen Sebut Perekam Mencoba Memprovokasi

Lanjut Kapolsek, kondisi kedua rumah warga sudah rata dengan tanah. Bahkan, kayu di dalamnya sudah hangus akibat kobaran api.

"Padahal rumah warga sudah rata dengan tanah, tetapi Al-Qur'an masih utuh. Itulah kuasa Allah SWT," terang AKP Muh Arman.

AKP Muh Arman menambahkan, Al-Qur'an itu ditemukan saat petugas dan warga sedang memindahkan puing-puing sisa kebakaran. Menurut dia, Al-Qur'an tersebut berada di tumpukan kayu di tengah rumah yang ludes terbakar.

Untuk diketahui, sebelumnya kebakaran melanda Dusun I Desa Loka, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur. Rumah milik Naharia (88 tahun) dan ANI (44 tahun) hangus dilalap si jago merah.

Saksi, Idris (44 tahun), menyaksikan kronologi kejadian mencatat bahwa kebakaran pertama kali terlihat oleh Naharia, yang segera meminta bantuan warga untuk memadamkan api.

Baca Juga: Viral Penemuan Mayat Mengambang di Sungai

Api diduga berasal dari ruang dapur korban dan merambat hingga menghanguskan seluruh isi bangunan.

Kemudian api berhasil dipadamkan oleh Pemadam Kebakaran Pemda Kabupaten Kolaka Timur dan dibantu oleh personel Polres Kolaka Timur, dan Babinsa Koramil 1412-01 Tirawuta, serta masyarakat sekitar.

Barang-barang berharga dan harta benda lainnya yang terbakar termasuk uang tunai, handphone, perabotan rumah, dan surat-surat penting. Meskipun tidak ada korban jiwa, kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 100 juta. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga