Wakil Ketua DPR Sambut Baik Ide Pemekaran Provinsi di Papua

Marwan Azis, telisik indonesia
Jumat, 09 April 2021
0 dilihat
Wakil Ketua DPR Sambut Baik Ide Pemekaran Provinsi di Papua
Pemekaran provinsi di Papua pemerataan pembangunan. Foto: Ist.

" Saya mendukung wacana tersebut, tentu harus dilakukan secara komprehensif dan memenuhi persyaratan yang telah diatur dan ditentukan mengenai tata cara pembentukan, penghapusan dan penggabungan daerah otonom. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Rencana pemekaran provinsi di Papua mendapat perhatian dari pimpinan parlemen.

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menyambut baik wacana pemerintah untuk melaksanakan pemekaran provinsi di Papua.

“Saya mendukung wacana tersebut, tentu harus dilakukan secara komprehensif dan memenuhi persyaratan yang telah diatur dan ditentukan mengenai tata cara pembentukan, penghapusan dan penggabungan daerah otonom," ujar Politisi Partai Golkar itu dalam keterangan persnya yang diterima Telisik.id di Jakarta, pagi ini (9/4/2021).

Baca juga: Jenis Vaksin Belum Masuk Indonesia Segera Dapat Izin Darurat BPOM

Menurut politisi Partai Golkar ini, pemekaran perlu menjadi perhatian karena akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di wilayah Papua yang nantinya dapat dinikmati secara keseluruhan.

Ia menjelaskan pertimbangan usulan pemekaran provinsi Papua perlu dilihat dari berbagai aspek. Di antaranya, aspek geopolitik dan geostrategis, aspek desentralisasi yang dapat mewujudkan kesejahteraan, aspek berkurangnya kemiskinan, dan aspek kemudahan masyarakat dalam mengurus administrasi.

Ia berharap adanya pemekaran provinsi di Papua ini bisa mendorong pemerataan ekonomi hingga ke daerah pegunungan sekaligus wilayah lainnya.

“Jangan ada lagi warga Papua yang harus menempuh perjalanan berhari-hari hanya untuk mengurus berkas administrasi karena jarak tempuh yang jauh," ujarnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga