Wakili Kota Kendari, Kelurahan Watulondo Optimis Menang Lomba Kelurahan di Tingkat Provinsi

Nur Fauzia, telisik indonesia
Minggu, 16 Juni 2024
0 dilihat
Wakili Kota Kendari, Kelurahan Watulondo Optimis Menang Lomba Kelurahan di Tingkat Provinsi
Suasana penilaian lomba kelurahan tingkat provinsi di Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuawatu. Foto: Facebook Kendari kota

" Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuawatu mewakili Kota Kendari dalam lomba kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuawatu mewakili Kota Kendari dalam lomba kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2024.

Dalam perlombaan ini Kelurahan Watulondo menampilkan berbagai inovasi seperti Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) yang telah meraih peringkat tiga nasional, Forum Anak Kelurahan Watulondo dan berbagai program unggulan dalam bidang pelayanan masyarakat serta pemberdayaan ekonomi.

Mewakili Penjabat Wali kota Kendari, Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kota Kendari, Jahudding mengatakan, pihaknya optimis Kelurahan Watulondo dapat meraih peringkat pertama sebab dalam lomba tingkat provinsi disupport oleh jajaran Pemerintah Kota Kendari.

Baca Juga: Sejumlah Warga Kendari Salat Idul Adha dan Berkurban Hari Ini

"Kami optimis Kelurahan Watulondo dapat meraih peringkat terbaik dalam lomba ini, sebab Kelurahan Watulondo telah memenuhi kriteria dalam indikator penilaian lomba kelurahan, sesuai Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan," ucapnya, Sabtu (15/6/2024) lalu.

Asisten II Setda Kota Kendari, Jahudding mewakili PJ Walikota menyampaikan sambutan. Foto: Facebook Kendari kota

 

Jahudding berharap, atas partisipasi Kelurahan Watulondo ini dapat memotivasi kelurahan lain di Kota Kendari untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas kepada masyarakat, serta semangat gotong royong dan kebersamaan dalam membangun daerah semakin terasa melalui ajang ini.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Dr. I Gede Panca, M.Si , menjelaskan, dalam lomba tingkat provinsi ini, pihaknya bakal menilai tiga poin penting yaitu, pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

"Bagaimana pemerintahan berjalan di Kelurahan Watulondo, kewilayahan dan yang terakhir adalah kemasyarakatan yaitu tentang bagaimana partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan dan evaluasi pembangunan," ujarnya

Dr. I Gede Panca, M. Si ketua tim penilai lomba kelurahan tingkat provinsi. Foto: Facebook Kendari kota

Camat Puuwatu, Ratriyansyah mengungkapkan, Kelurahan Watulondo ditunjuk mewakili Kota Kendari untuk mengikuti Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Surat Keputusan (SK) Wali Kota.

Baca Juga: Sampaikan Ucapan Duka, Lukman Abunawas Melayat ke Kediaman Almarhum Simon P Palloan

Kata dia, dalam lomba ini juga memiliki beberapa indikator-indikator yang memerlukan peran OPD dalam fungsi pembinaan teknis di OPD. Serta peran dan bantuan camat, lurah, dan yang paling utama masyarakat, RT, dan RW.

Camat Puuwatu, Ratriyansyah usai diwawancarai. Foto: Facebook Kendari kota

 

“InsyaAllah kami dari masyarakat Kelurahan Watulondo, Pemerintah Kelurahan Watulondo dan Pemerintah Kota Kendari sangat mendukung penuh untuk pelaksanaan lomba untuk mewakili Kota Kendari di tingkat provinsi dan kami optimis menjadi juara dalam lomba kali ini," pungkasnya.

Untuk diketahui, perlombaan kelurahan merupakan mekanisme untuk mengevaluasi perkembangan pembangunan di kelurahan. Lomba ini sebagai cara untuk mengevaluasi proses yang sudah di jalankan dari konsekuensi pembanding pembangunan ditingkat kelurahan yang ada didalamnya. (A-Adv)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga