Wali Kota Kendari Singgung Lahirnya Oligarki yang Rusak Demokrasi dalam Pemilu

Kardin, telisik indonesia
Kamis, 16 September 2021
0 dilihat
Wali Kota Kendari Singgung Lahirnya Oligarki yang Rusak Demokrasi dalam Pemilu
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir saat membawakan sambutan dalam SKPP Bawaslu Kendari. Foto: Ist

" pemilihan yang serentak secara adaktif terkadang merusak demokrasi dengan lahirnya oligarki dimana struktur pemerintahan kekuasaan berpusat hanya pada sekelompok orang saja "

KENDARI, TELISIK.ID - Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyinggung keberadaan oligarki dalam Pemilu.

Kata Sulkarnain, pemilihan yang serentak secara adaktif terkadang merusak demokrasi dengan lahirnya oligarki dimana struktur pemerintahan kekuasaan berpusat hanya pada sekelompok orang saja.

"Kadang-kadang yang merusak sistem demokrasi kita itu adalah lahirnya oligarki," beber Sulkarnain dalam acara sekolah kader pengawasan partisipatif (SKPP) Bawaslu Kota Kendari baru-baru ini.

Sulkarnain menjelaskan, kekuatan oligarki sendiri bisa mempengaruhi hasil Pemilu yang hasilnya tidak sesuai dengan keinginan masyarakat.

Baca Juga: BNNP Sultra Tes Urine 712 Mahasiswa Baru Mandala Waluya

Baca Juga: Gubernur Sultra Rapat di Senayan Bahas RUU Daerah Kepulauan

Hasil pemilihan dari pengaruh oligarki jelas Sulkarnain, tidak bisa melahirkan pemimpin baik legislatif maupun eksekutif yang betul-betul punya komitmen untuk membangun daerah.

"Juga tidak bisa melahirkan pemimpin yang betul-betul bisa mengelola potensi dan mengembangkan daerah kita," pungkasnya.

Untuk diketahui, SKPP Bawalu Kendari itu dihadiri 100 peserta yang bertujuan mendorong edukasi politik dan ikut mengawal pelaksanaan pemilu serentak 2024. (C)

Reporter: Kardin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga