Wanita Suku Ini Bebas Tiduri Pria Manapun, Suami Tinggal di Rumah Urus Anak

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 08 Mei 2023
0 dilihat
Wanita Suku Ini Bebas Tiduri Pria Manapun, Suami Tinggal di Rumah Urus Anak
Ada yang aneh dari suku yang terletak di danau Lugu, Provinsi Yuan, China. Kehidupan mereka penuh ketidaklaziman. Foto: Repro Okezonenews

" Tiap wanita Suku Mosuo yang sudah mengalami menstruasi, berhak memilih dan berganti-ganti pasangan "

YUAN, TELISIK.ID - Ada yang aneh dari suku yang terletak di danau Lugu, Provinsi Yuan, China. Bahkan kehidupan mereka penuh ketidaklaziman. Tiap wanita Suku Mosuo yang sudah mengalami menstruasi, berhak memilih dan berganti-ganti pasangan.

Sang wanita hanya tinggal menunggu pria yang ingin melamarnya di kamar. Uniknya, dalam tradisi tersebut, sang pria harus masuk dulu melalui jendela atau pintu belakang. Supaya tidak ada pria lain yang masuk. Biasanya pasangan itu akan menggantungkan topinya di jendela.

Dilansir dari Phinemo.com, wanita di Suku Mosuo juga boleh menerima atau menolak pria itu. Bila cocok, maka akan melanjutkan hubungan tanpa ada status pernikahan, dan juga sebaliknya. 

Konon katanya, tradisi wanita di suku Mosuo itu ditengarai karena kisah pilu mereka di masa lalu. Para wanita ini sakit hati karena ditinggal suami ketika melakukan perjalanan jauh. Dahulu para pria pergi mengembara untuk berdagang ke India, tapi tidak kunjung kembali. 

Baca Juga: Sebelum Nikah, Wanita Cantik Suku Ini Harus Berhubungan Intim dengan 20 Pria

Baca Juga: Suku Ini Wajibkan Bocah Laki-laki Tidur dengan Wanita Tua, Diajar Kenikmatan

Selain itu dilansir dari Viva.co.id, jika biasanya pria mencari uang saat wanita mengurus anak di rumah, lain halnya dengan Suku Mosuo di Tiongkok. Di sini wanitalah yang berkuasa, mereka yang mencari nafkah dan bebas menikahi pria yang mereka sukai.

Dari 54 suku di Tiongkok, hanya suku inilah yang menganggap kedudukan wanita lebih tinggi dari pria. Mereka benar-benar menerapkan sistem wanita adalah penguasa.

Bahkan para pria di suku ini hanya tinggal di rumah dan mengurus anak mereka. Para wanitalah yang keluar untuk mencari nafkah. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga