adplus-dvertising

Warga Malaysia Minta Sadil Ramdani Dinaturalisasi: Sudah Nyanyi Lagu Negaraku

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 05 Januari 2022
8055 dilihat
Warga Malaysia Minta Sadil Ramdani Dinaturalisasi: Sudah Nyanyi Lagu Negaraku
Saddil Ramdani. Foto: Instagram Saddil Ramdani.

" Tidak dipanggilnya Saddil Ramdani oleh pelatih Shin Tae-yong untuk ikut berlaga di Piala AFF 2020 menjadi perhatian publik "

KENDARI, TELISIK.ID - Tidak dipanggilnya Saddil Ramdani oleh pelatih Shin Tae-yong untuk ikut berlaga di Piala AFF 2020 menjadi perhatian publik.

Pasalnya dipertengahan tahun 2020 kemarin publik Malaysia pernah meminta pemerintah untuk menaturalisasi Saddil Ramdani agar mau mengubah warga kenegaraannya. 

Hal tersebut bermula dari potongan video di akun instagram @harimaumalayatv.my yang menayangkan Saddil Ramdani terciduk ikut menyanyikan lagu kebangsaan Malaysia saat pertandingan Johor Darul Takzim vs Sabah FC. 


"Biar pun datang sebagai pemain import, tetap bersemangat nyanyi lagu Negaraku. Contoh pemain yang punya komitmen tinggi," tulis keterangan caption akun tersebut, dilansir Suara.com jaringan Telisik.id, Rabu (5/1/2022).

Sontak saja unggahan video tersebut ramai jadi perbincangan di kolom komentar. Tak sedikit publik Malaysia yang berharap Saddil dinaturalisasi. 

"Boleh jadi naturalisasi Malaysia," ucap akun @chamakh

Dia sejak main di Pahang FA memang sudah pandai nyanyi Negaraku," sahut akun @de_ikhra.

"Efek dari tidak dipanggilnya Saddil ke Timnas Indonesia, padahal dia punya talenta yang bagus. Sangat disayangkan," timpal akun @ulasanga.

Kendati demikian, dikutip Saddil Ramdani pernah mengklarifikasi pemberitaan hal tersebut. Ia menegaskan alasannya ikut menyanyikan lagu kebangsaan Malaysia hanya sebagai bentuk penghormatan semata.

Lagian Saddil Ramdani juga tidak bisa dinaturalisasi karena terhalang aturan FIFA. Sebab mantan pemain Persela Lamongan ini telah memperkuat Timnas Indonesia di ajang resmi FIFA dan telah mengoleksi tujuh caps. 

Baca Juga: Pelatih Timnas Shin Tae-yong Dapat Perintah Khusus Jokowi, Ini Isinya

Dilansir Potensibandung.com, Assisten pelatih Timnas Indonesia yang juga mantan pemain Persib Bandung, Nova Arianto buka suara mengenai tidak dipanggilnya Saddil Ramdani. 

Nova menyatakan jika Coach Shin Tae Yong tetap berpegang teguh kepada kriteria pemain yang ia Minati untuk membela Timnas Indonesia.

Pria yang pernah membela Persib Bandung ini yakin jika Shin Tae-yong sudah paham betul kriteria pemain yang ia mau. 

Baca Juga: Kisah Sahabat Ronaldo di Real Madrid Fabio Coentrao Kini Jadi Nelayan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong sangat disiplin dan tentunya akan berpikir dua kali untuk memanggil Saddil untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Sepertinya Shin Tae-yong sudah mengetahui rekam jejak perjalanan Sepakbola Saddil Ramdani. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga