Warga Muhammadiyah di Jawa Timur Pilih Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 10 Agustus 2023
0 dilihat
Warga Muhammadiyah di Jawa Timur Pilih Dukung Ganjar di Pilpres 2024
Direktur SSC, Mochtar Oetomo mengungkapkan, dari kelompok pemilih ini, bila disimulasikan menjadi 3 capres yakni Ganjar, Prabowo, dan Anies, sosok Ganjar Pranowo memuncaki pilihan dengan meraih 40,8 persen. Foto: Ist.

" Mayoritas warga Muhammadiyah di Jawa Timur cenderung memilih untuk memberikan suara kepada Ganjar Pranowo dalam gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang "

SURABAYA, TELISIK.ID - Simpati masyarakat Muhammadiyah di Jawa Timur untuk Bacapres Ganjar Pranowo terus mengalir. Mayoritas warga Muhammadiyah di Jawa Timur cenderung memilih untuk memberikan suara kepada Ganjar Pranowo dalam gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang.

Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan oleh lembaga Surabaya Survey Center (SSC) yang melakukan survei mengenai dinamika perilaku pemilih warga Jawa Timur menjelang Pemilu 2024.

Direktur SSC, Mochtar  Oetomo mengungkapkan, dari kelompok pemilih ini, bila disimulasikan menjadi 3 capres yakni Ganjar, Prabowo, dan Anies, sosok Ganjar Pranowo memuncaki pilihan dengan meraih 40,8 persen.

“Baru kemudian diikuti oleh Prabowo Subianto dengan 28,3 persen, serta Anies Baswedan memeroleh dukungan dari warga Muhammadiyah Jatim sebanyak 22 persen," katanya, Kamis (10/8/2023).

Lebih lanjut Mochtar mengatakan, masih ada sisa potensi suara yang bisa diperebutkan sebanyak 6,9 persen dari responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Baca Juga: Perempuan Jawa Timur Lebih Pilih Ganjar di Pilpres 2024

"Peluang ini bisa diperebutkan para bacalon untuk membuat perbedaan di menit-menit akhir menjelang Pemilu 2024 nanti," pungkasnya.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 25 Juli - 3 Agustus 2023 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

Sekedar diketahui, beberapa waktu lalu di sejumlah tempat di Indonesia, sejumlah aktivis Muhammadiyah melakukan deklarasi dukungan untuk Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Muslimat dan Fatayat NU Tapal Kuda Kompak Dukung Muhaimin di Pilpres 2024

Salah satu contoh beberapa bulan lalu di Jakarta ada deklarasi Gerakan Persyarikatan (GP) Berkemajuan mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden. Koordinator Nasional Relawan GP Berkemajuan Faozan Amar menyatakan, organisasi relawan ini dibentuk sebagai wadah politik warga Muhammadiyah yang mendukung Ganjar.

"Mereka kan ingin mendukung calon presiden Ganjar Pranowo, terus ke mana nih, ada enggak wadahnya, mereka pada bertanya sehingga kita menginisiasi kegiatan ini," kata Faozan saat acara deklarasi di kawasan Menteng, Jakarta.

Faozan menuturkan, Ganjar dipilih karena pihaknya menilai Indonesia harus dipimpin oleh seseorang yang teruji dengan pengalaman dan kerja nyata. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga