Warga Muna Barat Diimbau Manfaatkan Lahan Kosong Tanam Bahan Pangan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 02 November 2022
0 dilihat
Warga Muna Barat Diimbau Manfaatkan Lahan Kosong Tanam Bahan Pangan
Penjabat Bupati Muna Barat mengimbau masyarakat turut menekan inflasi daerah dengan menanami lahan kosong dengan tanaman pangan. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Warga diminta memanfaatkan lahan dengan menanam cabai dan bahan pangan lainnya, dalam rangka mengendalikan inflasi daerah "

MUNA BARAT, TELISIK.ID -  Warga diminta memanfaatkan lahan dengan menanam cabai dan bahan pangan lainnya, dalam rangka mengendalikan inflasi daerah.

Penjabat Bupati Muna Barat, Dr. Bahri mengeluarkan surat edaran nomor 520/2439/2022 tentang gerakan penanaman cabai dan bahan pangan lainnya pada lahan kering serta lahan pekarangan dalam mendukung program nasional penanganan inflasi daerah.

Surat edaran ini diupayakan agar masyarakat dapat memanfaatkan lahannya untuk menanam bahan pangan dalam rangka mengendalian inflasi daerah, serta meningkatkan ketersediaan komoditas di lingkup rumah tangga, sekaligus meningkatkan pendapatan.

"Ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 tahun 2012 tentang Pangan, kemudian diubah dengan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja," ungkapnya, Rabu (2/11/2022).

Selain itu, sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 500/4825/SJ tanggal 19 Agustus 2022 tentang penggunaan belanja tak terduga untuk menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, serta mendukung distribusi stabilitas perekonomian di daerah.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa Asal Konawe Selatan Keciprat Bantuan Pendidikan

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri itu mengerahkan pimpinan OPD, baik camat, kepala desa dan lurah untuk bersinergi bersama RT/RW, tokoh masyarakat agar mendorong dan mengajak masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan, kebun, sawah tadah hujan, dan ladang.

"Melalui perangkat daerah diharapkan untuk mengkampanyekan ajakan penanaman bahan pangan," ujarnya.

Ajakan ini bisa saja melalui pemasangan baliho di tiap kantor, baik di kecamatan, desa, dan kelurahan, atau baliho ajakan penanaman yang diletakkan di tempat strategis pada lingkungan masing-masing.

ASN lainnya juga dapat dikerahkan untuk mengkampanyekan gerakan penanaman cabai dan kebutuhan pangan lainnya melalui sosial media.

Baca Juga: Jelang Pilkades, Ini Pesan Bupati Muna

Ia mengimbau semua pihak bergotong royong menekan inflasi daerah dengan gerakan penanaman cabai dan kebutuhan lainnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, La Ode Aka mengatakan, gerakan penanaman ini memang sebaiknya disampaikan kepada seluruh elemen masyarakat, tidak hanya pada pihak dinas terkait.

"Dari gerakan ini diharapkan bukan hanya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, tetapi diupayakan kita dapat menyuplai bahan pangan ke daerah lain," ungkapnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga