Warga Pematangsiantar Tenggelam di Danau Toba Ditemukan Tewas

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 27 Oktober 2022
0 dilihat
Warga Pematangsiantar Tenggelam di Danau Toba Ditemukan Tewas
Tim SAR gabungan mengevakuasi jasad Robby Hutahuruk, korban tenggelam di Pantai Pasir Putih Kabupaten Toba. Foto: Humas SAR Medan

" Robby Hutahuruk, korban tenggelam di Pantai Pasir, Danau Toba, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, ditemukan dalam kondisi membusuk "

MEDAN, TELISIK.ID - Robby Hutahuruk, korban tenggelam di Pantai Pasir, Danau Toba, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, ditemukan dalam kondisi membusuk, Kamis (27/10/2022).

Humas SAR Medan, Sariman Sitorus membenarkan, ditemukannya korban tenggelam di perairan Danau Toba dalam kondisi meninggal dunia.

"Iya ditemukannya sekira pukul 11:30 WIB tadi. Ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, korban sudah lima hari diketahui tenggelam di perairan Danau Toba. Tepatnya di Pantai Pasir Kabupaten Toba," ungkap Sariman.

Pengakuan Sariman, tim SAR dan gabungan yang terdiri dari BPBD Toba, Satpol PP, Dinas Kesehatan, pemerintah setempat, warga dan keluarga korban terus melakukan pencarian.

Baca Juga: Kerangka Manusia Ditemukan di Hutan, Diduga Mahasiswa yang Hilang Setahun Lalu

"Jadi, pencarian dilakukan tim gabungan, melakukan penyelaman dan mencari ditempat yang kemungkinan korban tersangkut. Namun belum berhasil. Baru hari inilah ada hasilnya," terangnya.

Terpisah, Koordinator Pos SAR Parapat dan Danau Toba, Hisar Turnip mengaku, pencarian tim menggunakan Aqua Eyes dan penyelaman.

"Tim SAR Gabungan juga melakukan pencarian menggunakan perahu LCR dengan menyisir ke arah hilir menuju sungai Asahan, korban akhirnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia berjarak sekitar 3 Km dari Hulu Sungai Asahan," ungkapnya.

Tim juga melakukan pencarian dengan menggunakan Aqua Eyes yang berguna untuk mendeteksi korban di dalam air, serta melakukan penyelaman mulai dari lokasi kejadian ke arah muara Danau Toba menuju aliran Sungai Asahan.

"Dari titik korban dinyatakan tenggelam, dari situlah dimulainya pencarian. Korban ditemukan dalam kondisi meningga, setelah korban ditemukan. Kami bungkus dengan menggunakan plastik jenazah dan akhirnya korban kami serahkan kepada pihak keluarganya, untuk segera dimakamkan," terangnya.

Dengan ditemukannya korban dalam keadaan meninggal dunia, Hisar mengaku, operasi pencarian korban tenggelam telah dinyatakan selesai.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut serta melakukan pencarian korban tenggelam. Operasi pencarian dihentikan atau telah selesai," tandasnya.

Baca Juga: 2 Warga Aceh Tertangkap Bawa Sabu 2 Kg di Botol Bedak Bayi

Sebagaimana diketahui sebelumnya, korban bernama Robby Hutahuruk tenggelam di Perairan Danau Toba saat berlibur dan berenang disana, tepatnya Minggu 23 Oktober 2022 kemarin.

Warga Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara ini pergi bersama rombongan jemaat gereja Advent lainnya yang berjumlah sekitar 60 orang untuk datang berwisata atau berliburke Pantai Pasir Putih Danau Toba Desa Parparean, Kecamatan Porsea Kabupaten Toba.

Setibanya di lokasi, rombongan melakukan kebaktian rohani dan selanjutnya bermain dan berenang disekitar Pantai Pasir Putih itu. Sekitar pukul 14.00 WIB, semua rombongan kembali ke bibir pantai untuk melakukan makan siang bersama. Namun korban malah bertahan di perairan dan sejak saat itu lah dinyatakan hilang. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

Baca Juga