Wasit Termuda Francois Letexier Pimpin Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris

Mustaqim, telisik indonesia
Sabtu, 13 Juli 2024
0 dilihat
Wasit Termuda Francois Letexier Pimpin Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris
Francois Letexier, wasit asal Prancis yang akan memimpin pertandingan Spanyol melawan Inggris di final Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7/2024) dinihari WIB. Foto: uefa.com

" Wasit asal Prancis, François Letexier, dipilih oleh UEFA untuk memimpin pertandingan final Kejuaraan Eropa atau Euro 2024 antara Spanyol melawan Inggris di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7/2024) dinihari pukul 02:00 WIB "

BERLIN, TELISIK.ID - Wasit asal Prancis, François Letexier, dipilih oleh UEFA untuk memimpin pertandingan final Kejuaraan Eropa atau Euro 2024 antara Spanyol melawan Inggris di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7/2024) dinihari pukul 02:00 WIB.

Masih berusia 35 tahun, Letexier adalah salah satu wasit termuda yang memimpin pertandingan besar di final. Wasit untuk tiga partai final Euro edisi sebelumnya masing-masing berusia 48, 41, dan 41 tahun pada saat itu.

Letexier telah menjadi wasit pada tiga pertandingan di Euro 2024, termasuk kemenangan 4-1 Spanyol atas Georgia di babak 16 besar.

Baca Juga: Final Copa America 2024 Pertarungan Kapten Legendaris Lionel Messi dan James Rodriguez

Dalam pertandingan itu, dia tidak memberikan tendangan penalti dan tidak mengeluarkan pemain mana pun. Dia hanya mengeluarkan 10 kartu kuning, termasuk satu untuk pemain depan Serbia, Aleksandar Mitrovic, yang dinilai telah melakukan diving di area penalti dalam hasil imbang 0-0 melawan Denmark.

Tidak ada kontroversi yang terekam di salah satu pertandingan yang dipimpin Letexier, termasuk hasil imbang 2-2 antara Albania dan Kroasia.

Letexier jarang mengeluarkan kartu merah, hanya satu dari sembilan pertandingan yang dia pimpin di Liga Champions atau Liga Eropa musim lalu dari babak penyisihan grup dan seterusnya. Kartu merah tersebut untuk bek Bayern Munich asal Prancis, Dayot Upamecano.

Pertandingan tertinggi yang dipimpin Letexier sebelumnya untuk UEFA musim ini termasuk Real Madrid dan Manchester City yang bermain imbang 3-3 di perempat final Liga Champions.

Kemudian partai Bayer Leverkusen yang menang di Roma 2-0 di semifinal Liga Europa, dan Piala Super pembukaan musim Agustus 2023 lalu antara Manchester City dan Sevilla.

Baca Juga: Marcelo Bielsa Bela Bentrok Pemainnya dengan Suporter Kolombia dan Tuding Penyelenggara Bohong

Letexier bergabung dengan daftar wasit FIFA untuk pertandingan internasional tujuh tahun lalu.

Letexier akan dibantu spesialis VAR yang juga asal Prancis, Jérôme Brisard. Selanjutnya ofisial keempat adalah Szymon Marciniak dari Polandia, wasit di final Piala Dunia 2022 dan final Liga Champions 2023 yang memiliki musim kontroversial.

Marciniak dan tim ofisial pertandingannya membuat keputusan penghentian waktu yang konsekuensial dalam pertandingan Liga Champions antara Bayern Munchen dan Real Madrid di semifinal, dan Paris Saint-Germain versus Newcastle di babak penyisihan grup. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga