Waspada Gejala Penyakit Batu Empedu Termasuk Komplikasinya

Wa Ode Fatima Azzahra, telisik indonesia
Kamis, 08 Desember 2022
0 dilihat
Waspada Gejala Penyakit Batu Empedu Termasuk Komplikasinya
Penyakit batu empedu berbentuk seperti pasir kecil hingga saat kronis bisa sampai berbentuk bola golf. Foto: IDN Times

" Batu empedu bisa saja dialami oleh pria maupun wanita, dalam kondisi tertentu penyakit ini bisa sangat membahayakan dan memerlukan tindakan operasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Batu empedu merupakan salah satu penyakit yang banyak dirasakan oleh banyak orang belakangan ini. Batu empedu berbentuk seperti pasir kecil hingga dalam keadaan kronis bisa sampai berbentu bola golf, warna batu empedu bisa berwarna coklat gelap, putih kecoklatan dan hitam.

Batu empedu bisa saja dialami oleh pria maupun wanita, dalam kondisi tertentu penyakit ini bisa sangat membahayakan dan memerlukan tindakan operasi, namun yang tidak memiliki gejala dan tanda biasanya tidak memerlukan pengobatan.

Dilansir dari halodoc.com, ada beberapa faktor yang dapat meningatkan risiko batu empedu, misalnya memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, tidak banyak bergerak, sedang hamil, sering makan makanan yang tinggi lemak, sering makan makanan rendah serat, memiliki riwayat keluarga dengan batu empedu, mengidap diabetes, memiliki kelinan darah tertentu, seperti anemia sel sabi atau leukimia, menurunkan berat badan dengan sangat cepat aau diet ekstrim, minum obat yang mengandung estrogen, seperti kontrasepsi oral atau obat terapi hormon dan memiliki penyakit liver.

Jenis batu empedu antara lain, batu empedu kolestrol. Jenis batu empedu yang paling umum, biasanya berwarna kuning. Batu empedu ini terutama terdiri dari kolestrol yan tidak larut, tetai mungkin mengandung komponen lain. Batu empedu pigmen. Batu berwara coklat tua atau hitam yang terbentu ketika empedu mengandung terlalu banyak billirubin.

Dilansir dari halodoc.com, sebagian besar kasus pengidap batu empedu tidak memerlukan pengobatan kecuali jika menyebabkan rasa sakit. Terkadang pasien bisa mengeluarkan batu empedu tanpa menyadarinya. Jika pasien kesakitan, dokter kemungkinan akan merekomendasikan operasi. Dalam kasus yang jarang terjadi, obat-obatan dapat digunakan.

Baca Juga: 6 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Anak

Ada beberapa gejala yang dialami oleh pasien penderita batu empedu antara lain, rasa sakit di perut bagian kanan hingga belakang, mual muntah, pegal di seluruh badan.

Salah satu pasien batu empedu, Wa Ode Lia menerangkan, sebelum mrlakukan operasi, isa merasa sakit perut hingga belakang, juga susah makan dan jalan, untuk duduk pun tak sanggup.

"Awalnya sudah ditau kalau saya punya batu empedu karena sudah di CT Scan di RS Buton Tengah, tapi ada keluarga yang bilang bisa diobat pake herbal, saya coba mi dulu minum herbal, tapi belum satu Minggu, saya tidak tahan sakit sekali," beber Wa Ode Lia.

Baca Juga: 4 Jenis Vitamin Ini Bantu Menjaga Kesehatan Pernapasan

"Saya di rujuk di RS Bahteramas, lalu dioperasi karena batunya banyak dan sudah tersebar. Batunya itu warnanya hitam seperti pasir baru banyak," lanjutnya menerangkan.

Selain dengan cara operasi, batu empedu juga bisa dihilangkan dengan meminum obat atau ramuan herbal. Hal ini sudah terbukti pada seorang pasien yang rutin mengonsumsi herbal ketika didiagnosa batu empedu.

“Saya ada batu empedu tapi masih kecil, katanya dokter itu batu empedu tidak mesti dioperasi bisa diobati dengan minum obat,” ucap salah satu penderita batu empedu, Hamidah. (A)

Penulis: Wa Ode Fatima Azzahra

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga