Waspada, Ini Ciri-Ciri Minyak Curah Palsu dan Oplosan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 18 Maret 2022
0 dilihat
Waspada, Ini Ciri-Ciri Minyak Curah Palsu dan Oplosan
Pedagang mengemas minyak goreng curah di pasaran. Foto: Repro Antara

" Untuk menghindari minyak curah palsu tersebut, ada baiknya mengetahui ciri-ciri dari minyak goreng tersebut yang juga biasa dikenal minyak goreng oplosan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Salah satu masalah yang sedang terjadi di Indonesia adalah kelangkaan minyak goreng. Dampaknya pun sangat dirasakan masyakarat.

Untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng ini, masyarakat pun akhirnya memilih beralih ke minyak curah.

Mengutip tribunnews.com, minyak goreng curah adalah minyak goreng sawit yang dijual kepada konsumen dalam kondisi tidak dikemas dan tidak memiliki label atau merek.

Dengan banyaknya pemakaian minyak goreng curah ini, tidak menutup kemungkinan membuat banyak pelaku bisnis nakal yang memanfaatkan momen ini untuk memasarkan minyak curah palsu atau minyak curah oplosan.

Untuk menghindari minyak curah palsu tersebut, ada baiknya mengetahui ciri-ciri dari minyak goreng tersebut yang juga biasa dikenal minyak goreng oplosan.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, pengungkapan ciri-ciri minyak curah palsu telah diungkap oleh Peneliti ertama Balai Penelitian Tanaman Palma Kementerian Pertanian (Balit Palma Kementan), Jerry Wungkana.

Ia meminta masyarakat untuk memperhatikan wadah saat membeli minyak goreng.

Menurut Jerry, pedagang minyak nakal menjual minyak curah palsu ini menggunakan drum berukuran besar, maupun drum berwarna pekat sehingga sulit bagi kita untuk mengenali minyak asli.

"Kalau dilihat dari beritanya, kemasannya drum ya. Jadi kemasan itu makanya nggak kelihatan," ujar Jerry dalam acara diskusi khusus dengan suara.com, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Tebalkan Isi Dompet, Sekarang Biaya Haji Naik Jadi Rp 100 Juta

Selain waspada pada wadah yang digunakan, ia mengatakan jika minyak sangat tidak mungkin dioplos dengan air, karena air dan minyak tidak bisa bersatu. Dan hal ini sebenarnya akan mudah terlihat oleh mata, di mana ada batasan antara minyak dan air.

Sehingga jikapun air dicampur dengan pewarna kuning, lalu dicampur minyak, tetap akan terlihat batasannya antara minyak dan air.

Tapi, kata Peneliti Teknologi Pangan Komoditas Tanaman Palma itu, akan berbeda jika jumlah airnya lebih banyak dibanding minyaknya.

Baca Juga: Bangga, Indonesia Peringkat Pertama Negara dengan Keindahan Alami di Dunia

"Kalau lebih banyak air, biasanya bentuk minyaknya seperti kuah yang diatasnya ada percikan minyak, jadi minyaknya kelihatan sedikit," ungkap Jerry.

Selain itu, minyak yang dioplos dengan air juga terlihat lebih cair sebagaimana air yang terkena percikan minyak, dan akan lebih terlihat di bagian atas.

"Kalau di kemasan yang diikat, bakal kelihatan banyak air, lebih cair, bakal kelihatan sangat jelas," tutupnya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga