Waspada, Ini Pantangan Makanan Pemilik Golongan Darah A

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 19 Oktober 2022
0 dilihat
Waspada, Ini Pantangan Makanan Pemilik Golongan Darah A
Pemilik golongan darah A dianjurkan untuk makan makanan yang alami, segar, dan organik. Foto: Repro Detik.com

" Pemilik golongan darah A dianjurkan untuk makan makanan yang alami, segar, dan organik "

KENDARI TELISIK.ID - Kita umumnya mengenal golongan darah ada 4 jenis yaitu golongan darah A, B, AB dan O. Perbedaan tipe golongan ini didasari oleh ada tidaknya antigen pada sel darah merah dan plasma darah.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik golongan darah, salah satunya adalah pemilik golongan darah A yang ternyata memiliki pantangan terhadap makanan tertentu.

Seorang ahli naturopati dari Amerika Serikat Dr. Peter D'Adamo mengatakan, kemunculan golongan darah A ditelusuri berdasarkan perjuangan mereka untuk bertahan hidup di masa lalu. Saat itu, persediaan makanan yang berasal dari hewan buruan berkurang drastis.

Mengutip Cnnindonesia.com, Dr. Peter D'Adamo lewat bukunya "Eat Right 4 Your Type" golongan darah memiliki penyesuaian diet atau pola makan yang berbeda. Menurutnya, pemilik golongan darah A dianjurkan untuk makan makanan yang alami, segar, dan organik.

Mengutip Grid.id, berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh pemilik golongan darah A, antara lain:

Baca Juga: Simak 4 Manfaat Tidak Makan Malam Bagi Kesehatan Tubuh

- Pisang

- Mangga

- Jeruk (khususnya jeruk orange dan jeruk keprok, seperti jeruk pontianak, jeruk medan, jeruk garut)

- Pepaya

Keempat jenis buah tersebut dapat mencetuskan gangguan kesehatan, terutama pada saluran pencernaan, mengingat kandungan lektinnya cukup tinggi. Lektin merupakan sejenis protein yang akan bereaksi dengan darah dalam tubuh.

Selain buah-buahan diatas, ada beberapa jenis makanan lain yang perlu di hindari yaitu:

1. Makanan yang diproses

Makanan yang diproses atau processed food, artinya bahan mentah yang telah melewati proses penyajian, seperti daging olahan yang dicincang dan dibekukan, biasanya dalam bentuk kornet, nugget, burger, dan sebagainya. Serta makanan yang diproses dari susu dan tepung juga bisa dikurangi, antara lain keju, sereal, kue, roti putih.

Baca Juga: Catat, Ini 9 Kebiasaan Sepele yang Memicu Sakit Pinggang

2. Makanan tinggi gula

Jenis makanan dan minuman ini tanpa disangka memiliki kadar gula yang tinggi atau kalori tersembunyi, seperti saus, susu berasa, granola, kopi susu, sereal.

3. Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana merupakan jenis karbohidrat dengan kandungan gula minimalis yang lebih cepat dicerna oleh tubuh. Bahan makanan paling dasar dari karbohidrat sederhana adalah gula. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga