Waspada, Penipuan Modus Jual Beli Kendaraan Marak di Kendari

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Senin, 05 Februari 2024
0 dilihat
Waspada, Penipuan Modus Jual Beli Kendaraan Marak di Kendari
Mobil Avanza putih yang diamankan Polsek Ranomeeto. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Saat ini marak laporan tindak penipuan dengan modus transaksi jual beli kendaraan "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat ini marak laporan tindak penipuan dengan modus transaksi jual beli kendaraan. Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari, mengimbau masyarakat berhati-hati.

Kapolresta Kendari, Kombes Pol Aris Tri Yunarko mengatakan, kasus penipuan ini mencuat setelah beberapa korban melaporkan tindak kejahatan tersebut ke Polresta Kendari.

"Ada beberapa laporan terkait modus tersebut sehingga kami mengimbau masyarakat agar menghindari transaksi online dan pembayaran via rekening," kata Kapolresta Kendari, Minggu (4/2/2024).

Berdasarkan informasi dari Kasat Reskrim Polresta Kendari, AKP Fitrayadi, para pelaku memulai aksinya dengan memposting kendaraan di media sosial, dilengkapi dengan nomor handphone yang akan dihubungi. Setelah menjalin komunikasi dengan calon korban, pelaku mengarahkan mereka untuk bertemu di tempat yang telah ditentukan.

Baca Juga: Kasus Penipuan Penjual Mobil di Ranomeeto Masuk Sidik Kepolisian, Pelaku dalam Pencarian

Saat pertemuan berlangsung, pelaku mengirim nomor rekening kepada korban dan meminta pembayaran. Tanpa banyak berpikir, korban pun mentransfer sejumlah uang. Namun, setelah transfer dilakukan, pemilik kendaraan di tempat tersebut enggan melepas kendaraan, menyebabkan konflik antara korban dan pemilik kendaraan.

Dalam upaya mengantisipasi modus penipuan, Fitrayadi menyarankan agar masyarakat tidak mentransfer uang sebelum melakukan komunikasi lebih lanjut dengan penjual.

Baca Juga: Pria di Kendari Jadi Korban Penipuan Pembelian Mobil, Ini Modus Pelaku

"Sebaiknya bayar tunai di lokasi, jangan ditransfer dulu uangnya sebelum dipastikan betul-betul," tambahnya.

Terakhir diinformasikan Telisik.id, kasus penipuan menimpa Jusman saat hendak membeli mobil bekas merek Avansa berwarna putih, masuk dalam penyidikan Polsek Ranomeeto, Sabtu (3/2/2024).

Hal itu dibenarkan penyidik Polsek Ranomeeto, Aipda Arto Siswahyudi. Ia mengatakan, saat ini kasus penipuan tersebut sudah naik tingkatan ke penyidikan untuk mencari tersangka. (B)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga