Waspadai Kemunculan Buaya Saat Musim Hujan

Mutarfin, telisik indonesia
Rabu, 22 Januari 2020
0 dilihat
Waspadai Kemunculan Buaya Saat Musim Hujan
Buaya akan lebih sering menampakkan diri pada saat musim hujan dan peralihan musim, karena pada saat itu, buaya berjemur untuk m

" Jadi secara prilaku behavioral, buaya itu memang di saat peralihan musim terkhusus di musim penghujan dia akan muncul. "

KENDARI, TELISIK.ID - Belum lama ini warga Konawe Utara dikagetkan dengan kemunculan buaya yang berukuran besar. Buaya muara sepanjang 4,2 meter dengan lebar 70 cm yang ditangkap warga Desa Landiwo, Kecamatan Landawe, Kabupaten Konawe Utara (Konut) tersebut ditemukan warga setempat di sekitaran sungai, Sabtu (18/1/2019) sekira pukul 17.00 Wita. Pada saat ditemukan, buaya dalam keadaan tidak bergerak.

Baca Juga: Rumah Sakit Hermina Resmi Beroperasi di Kendari

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Sultra, Laode Kaida, menjelaskan, berdasarkan laporan, umumnya kemunculan buaya di musim hujan seperti saat ini atau di saat musim- musim peralihan. Ini terjadi karena buaya dalam kondisi sedang berjemur untuk mengembalikan suhu badan.

"Jadi secara prilaku behavioral, buaya itu memang di saat peralihan musim terkhusus di musim penghujan dia akan muncul," ungkapnya, Rabu (22/1/2020).

Selain itu, diperalihan musim, buaya akan lebih agresif ketika musim kawinnya. Kemunculan buaya yang makin sering ini, salah satu sebabnya karena ketersedian pakan yang mulai berkurang. Yang terakhir itu dipengaruhi kondisi habitatnya yang sudah mulai terganggu.

"Sejauh ini kami telah memberikan penyuluhan pada masyarakat untuk terus berhati-hati terhusus di sekitar sungai yang memang dianggap rawan," ujarnya.

Reporter: Mutarfin
Editor: Rani

Baca Juga