Yuk, Jaga Kesehatan Ginjal dengan 10 Asupan Ini

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 31 Juli 2022
0 dilihat
Yuk, Jaga Kesehatan Ginjal dengan 10 Asupan Ini
Ginjal, organ tubuh yang memiliki peran penting. Maka dari itu, kesehatan ginjal perlu terus dijaga. Foto: Repro Orami.com

" Seseorang yang menderita penyakit ginjal memerlukan asupan makanan dan minuman yang baik, guna mengatur dan menghindari faktor yang dapat meningkatkan resiko gejala "

KENDARI, TELISIK.ID - Seseorang yang menderita penyakit ginjal memerlukan asupan makanan dan minuman yang baik, guna mengatur dan menghindari faktor yang dapat meningkatkan resiko gejala.

Sebab, ginjal sehat membantu menjaga keseimbangan nutrisi dan mineral yang tepat dalam tubuh.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu asupan yang baik bagi tubuh agar dapat mencegah penyakit berkembang atau menjadi parah.

Melansir Kompas.com, pembatasan makanan pada penderita penyakit ginjal dapat bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan ginjal yang mereka alami.

Misalnya, orang dengan penyakit ginjal stadium awal memiliki batasan yang berbeda dibandingkan dengan gagal ginjal yang dikenal sebagai penyakit ginjal stadium akhir.

Jika Anda menderita penyakit ginjal, penyedia fasiltas kesehatan dapat membantu menentukan diet terbaik untuk kebutuhan Anda.

Bagi kebanyakan orang dengan penyakit ginjal lanjut, penting untuk mengikuti diet ramah ginjal yang membantu mengurangi jumlah limbah dalam darah.

Penderita penyakit ginjal perlu menghindari asupan berlebih makanan yang mengandung:

* Protein

* Sodium

* Kalium

* Fosfor

* Kalsium

Berikut ini adalah beragam pilihan makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk kesehatan ginjal: 

1. Air putih 

Melansir Kontan.co.id, air adalah salah satu asupan terpenting bagi tubuh. Sel di dalam tubuh menggunakan air untuk mengangkut racun ke dalam aliran darah. 

Ginjal kemudian menggunakan air untuk menyaring racun ini keluar dan untuk membuat urine yang mengangkutnya keluar dari tubuh. 

Seseorang dapat mendukung fungsi tersebut dengan minum setiap kali merasa haus. 

2. Ikan berlemak 

Salmon, tuna, dan ikan air dingin berlemak lainnya yang mengandung tinggi asam lemak omega-3 dapat menjadi tambahan makanan yang bermanfaat untuk diet apa pun, termasuk diet ginjal sehat. 

Tubuh tidak dapat membuat asam lemak omega-3, yang berarti harus berasal dari makanan. Ikan berlemak adalah sumber alami yang bagus untuk lemak sehat ini.  

Karena tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan faktor risiko penyakit ginjal, menemukan cara alami untuk menurunkannya dapat membantu melindungi ginjal. 

3. Ubi jalar 

Ubi jalar mirip dengan kentang putih, tetapi kelebihan seratnya dapat menyebabkan ubi jalar terurai lebih lambat, sehingga lonjakan kadar insulin berkurang. 

Ubi jalar juga mengandung vitamin dan mineral, seperti kalium, yang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh dan mengurangi efeknya pada ginjal. 

Namun, karena ubi jalar adalah makanan tinggi kalium, siapa pun yang menderita penyakit ginjal kronis atau sedang menjalani cuci darah mungkin perlu membatasi asupan sayuran ini. 

4. Sayuran berdaun hijau gelap 

Sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam, kangkung, dan lobak adalah makanan pokok yang mengandung berbagai vitamin, serat, dan mineral. 

Banyak juga sayuran yang mengandung senyawa pelindung, seperti antioksidan yang baik pula untuk melindungi kesehatan ginjal dari serangan radikal bebas. 

5. Buah beri 

Beberapa jenis buah beri, seperti stroberi, blueberry, dan raspberry merupakan sumber nutrisi bermanfaat dan senyawa antioksidan. Senyawa ini dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan. 

Buah beri cenderung menjadi pilihan yang lebih baik daripada makanan manis lainnya jika ingin memuaskan keinginan akan rasa manis.

6. Apel 

Apel adalah camilan sehat yang mengandung serat penting yang disebut pektin. Pektin dapat membantu mengurangi beberapa faktor risiko kerusakan ginjal, seperti gula darah tinggi dan kadar kolesterol. Apel juga sering kali memuaskan rasa manis. 

7. Minyak zaitun 

Melansir Health Line, minyak zaitun adalah sumber lemak yang sehat dan bebas fosfor, sehingga menjadikannya pilihan yang bagus untuk mendukung kesehatan ginjal, termasuk baik dikonsumsi penderita penyakit ginjal. 

8. Bawang merah atau bawang bombay 

Bawang merah maupun bawang bombay sangat baik untuk memberikan rasa bebas natrium pada hidangan diet ginjal sehat. 

Baca Juga: 4 Cara Atasi Pilek pada Anak

Mengurangi asupan garam bisa menjadi tantangan, sehingga menemukan alternatif garam beraroma adalah suatu keharusan. 

Menumis bawang merah atau bawang bombay dengan minyak zaitun dapat menambah rasa pada hidangan tanpa mengganggu kesehatan ginjal Anda. 

9. Bawang putih 

Bukan hanya bawang merah atau bawang bombay, bawang putih juga baik dikonsumsi sebagai makanan sehat untuk ginjal. 

Baca Juga: Bolehkah Berhubungan Suami Istri Saat Sedang Hamil? Ini Penjelasannya

Bawang putih dapat menjadi alternatif yang lezat untuk garam, menambah rasa pada hidangan sambil memberikan manfaat nutrisi. 

10. Nanas 

Banyak buah tropis seperti jeruk, pisang, dan kiwi mengandung kalium yang sangat tinggi. 

Untungnya, nanas menjadi alternatif buah manis dengan kandungan kalium yang rendah, sehingga ama dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah ginjal. Terlebih lagi, nanas kaya akan serat, mangan, vitamin C, dan bromelain, enzim yang membantu mengurangi peradangan. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga