3 Cara Minum Air Putih Ini Bisa Turunkan Berat Badan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 25 September 2022
0 dilihat
3 Cara Minum Air Putih Ini Bisa Turunkan Berat Badan
Minum air putih dengan cara tertentu ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. Foto: Repro shutterstock.com

" Air putih tidak hanya menghilangkan dahaga, manfaatnya juga untuk kesehatan sangatlah beragam "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap orang menginginkan berat badan yang ideal. Berbagai cara pun dilakukan, termasuk dengan mengkonsumsi air putih.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, air putih tidak hanya menghilangkan dahaga, manfaatnya juga untuk kesehatan sangatlah beragam.

Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih secara rutin.  

Ada beragam minuman yang dapat dikonsumsi untuk mencukupi asupan cairan harian. Namun, jenis minuman yang paling baik dikonsumsi adalah air putih karena bebas kalori dan gula sehingga lebih menyehatkan, termasuk membantu menurunkan berat badan.

Melansir kompas.com, berikut beberapa cara mengonsumsi air putih untuk menurunkan berat badan:

1. Memperhatikan asupan air putih per hari

Konsumsi air putih yang cukup bisa membantu tubuh untuk mencerna makanan dan membakar lemak dengan lebih baik.

Penelitian yang dimuat pada Obesity Journal pada tahun 2008 menunjukkan bahwa konsumsi air putih selama 12 bulan pada wanita dengan berat badan berlebih ternyata berhasil mengurangi hingga 2 kg berat badan.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Jaga Kesehatan Mental dari Media Sosial

Healthline juga menjelaskan bahwa minum air putih dingin lebih disarankan karena kalori akan digunakan untuk menghangatkan badan sehingga berat badan juga akan semakin berkurang.

Menurut WebMD, air putih bisa mendukung kinerja ginjal untuk menyaring nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, serta menghindarkan dari konstipasi.

Namun, konsumsi air putih yang berlebihan bisa berbahaya karena ginjal tidak bisa membuang kelebihan air tersebut sehingga perut akan terlihat buncit.

Solusinya adalah dengan memperhatikan seberapa banyak air putih yang dikonsumsi.

Anjuran minum air putih per hari adalah sebanyak 8 gelas, namun ternyata jumlah tersebut bisa terlalu banyak dan bisa terlalu sedikit untuk beberapa orang.

Medical News Today menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang akan menentukan banyak sedikitnya konsumsi air putih, seperti tingkat aktivitas, umur, ukuran tubuh, temperatur, kelembapan, paparan sinar matahari, dan kondisi kesehatan.

Untuk lebih mudahnya, WebMD menyarankan untuk selalu memperhatikan warna urine untuk mengetahui apakah asupan air yang masuk ke dalam tubuh masih kurang atau tidak.

Urine yang tidak berwarna atau berwarna kuning terang tanpa ada bau yang menyengat menunjukkan bahwa konsumsi air sudah cukup.

Sebaliknya jika urine berwarna lebih gelap dan ada bau yang lebih menyengat, maka Anda disarankan untuk minum air putih lebih banyak lagi.

2. Minum air putih sebelum makan

Minum air putih sebelum makan juga akan membantu dalam menurunkan berat badan karena nafsu makan bisa ditekan.

Medical News Today menjelaskan bahwa minum air putih sebelum makan bisa membuat perut lebih terasa kenyang dan rasa lapar bisa dihindari.

Hal ini sudah diteliti oleh para ahli dari Amerika dalam Obesity Journal di tahun 2010.

Pada penelitian ini, 48 orang paruh baya dibagi menjadi dua kelompok dan salah satunya diminta untuk minum 500 ml air putih sebelum minum selama 12 minggu.

Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok tersebut berhasil menurunkan berat badan hingga 2 kg jika dibandingkan dengan kelompok yang lain.

Baca Juga: Badan Cepat Lelah? Ini 6 Penyebabnya

Healthline menjelaskan bahwa ada banyak penelitian mengenai konsumsi air putih sebelum makan, namun subjek penelitiannya mayoritas adalah orang-orang paruh baya.

Meskipun belum banyak penelitian yang menunjukkan keberhasilan minum air putih untuk subjek dengan usia lebih muda, namun cara ini tidak ada salahnya untuk dicoba.

3. Mengganti minuman berpemanis dengan air putih

Minuman berpemanis tambahan memang terasa lebih enak jika dibandingkan dengan air putih.

Tetapi menurut Healthline, minuman dengan pemanis tambahan tidak akan membuat perut terasa lebih kenyang dan malah berkontribusi dalam menambah berat badan.

Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders pada tahun 2000 menunjukkan bahwa minuman berpemanis meningkatkan penambahan konsumsi kalori 17 persen lebih banyak daripada sebelumnya.

Anda yang ingin menurunkan berat badan kemudian disarankan untuk mengganti konsumsi minuman berpemanis dengan satu gelas air putih.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan melalui konsumsi air putih. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga