3 Tahap Kenalkan Pendidikan Seks pada Anak

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 04 Juni 2023
0 dilihat
3 Tahap Kenalkan Pendidikan Seks pada Anak
Pendidikan seks pada anak penting dilakukan dan menjadi tanggung jawab semua orang tua. Foto: Repro Popmama.com

" Tak sedikit orang tua yang bingung kapan dan bagaimana pendidikan seks dapat mulai dilakukan pada anak "

KENDARI, TELISIK.ID - Pendidikan seks pada anak sangat penting dan menjadi tanggung jawab orang tua. Namun tak sedikit orang tua yang bingung kapan dan bagaimana pendidikan seks dapat mulai dilakukan.

Dilansir Pop.grid.id dari Kompas.com disebutkan, pendidikan seks idealnya tidak dilakukan secara tiba-tiba saat anak akan beranjak dewasa. Komunikasi yang dilakukan sejak dini membuat pendidikan seks pada tahap berikutnya jadi lebih mudah.

Dokter H. Boyke Dian Nugraga, Sp.OG, MARS dan dr. Sonia Wibisono dalam bukunya yang berjudul Adik Bayi Datang dari Mana? (2016) menyebutkan jika pendidikan seks bisa dikenalkan sejak lahir.

Dikutip dari Yoursay.suara.com, berikut 3 tahap memberikan pendidikan seks berdasarkan usia anak: 

Baca Juga: Usai Buka Cadar, Penghasilan Inara Rusli Rp 40 Juta Sehari Padahal Dulu Khawatirkan Nafkah Virgoun

1. Mengenalkan organ reproduksi beserta fungsinya (3-5 tahun)

Orang tua mengenalkan anggota tubuh anak termasuk alat kelamin beserta fungsinya. Ajarkan kepada mereka bahwa seluruh anggota tubuhnya adalah miliknya yang harus dijaga baik-baik dan tidak boleh ada yang menyentuhnya sembarangan meskipun orang-orang terdekat dan keluarga.

Beritahu juga kepada mereka bahwa mereka tidak boleh menunjukkan alat kelaminnya sembarangan dan berhak menolak ketika seseorang memberikan ciuman, pelukan, maupun bentuk kasih sayang yang lainnya berupa sentuhan fisik.

Hal ini dikarenakan orang-orang terdekat bisa menjadi pelaku pelecehan seksual pada anak dengan dalih rasa sayang.

2. Mengenalkan perbedaan jenis kelamin dan cara membersihkannya (6-10 tahun)

Pada usia ini, anak mulai menanyakan mengapa alat kelamin antara laki-laki dan perempuan berbeda dan bagaimana ia bisa lahir. Orang tua bisa menjelaskan pada anak seperti cara yang dilakukan Ibu Seungjae di acara TV The Return of Superman.

Ajarkan juga pada mereka bagaimana cara membersihkan alat kelaminnya agar terhindar dari penyakit.

3. Mengenalkan perubahan tubuh yang akan dialami ketika memasuki masa remaja (11 tahun)

Pada usia remaja, tubuh akan mengalami beberapa perubahan termasuk kematangan organ reproduksi. Kenalkan pada anak bahwa laki-laki akan mengalami mimpi basah dan perempuan akan mengalami menstruasi ketika memasuki usia remaja dan bagaimana cara menyikapinya.

Baca Juga: 4 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Kenali Sebelum Membeli

Beritahukan pada anak konsekuensi yang akan mereka terima jika melakukan hubungan seksual sebelum masa dewasa. Ajarkan juga kepada anak bagaimana cara menjaga kesehatan alat kelamin agar terhindar dari penyakit.

Dari ketiga tahapan di atas diharapkan orang tua bisa memberikan pendidikan seks pada anak sejak usia dini. Jika para orang tua masih merasa malu membicarakan hal ini pada anak, orang tua bisa meminta bantuan guru BK di sekolah anak atau ke psikolog anak.

Pendidikan seks merupakan hal yang dibutuhkan oleh anak agar mereka mengenal kondisi tubuh dan mengetahui hak-hak atas tubuh mereka. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga