4 Manfaat Mainan Latto-latto Bagi Anak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 27 Desember 2022
0 dilihat
4 Manfaat Mainan Latto-latto Bagi Anak
Bila anak cakap dalam memantulkan bandul latto-latto, secara tidak langsung dapat melatih konsentrasi dan anggota gerak mereka. Foto: Fitrah/Telisik

" Bermain merupakan dunia bagi anak. Tiada hari tanpa bermain, salah satu permaian yang kini banyak diaminkan adalah latto-latto "

KENDARI, TELISIK.ID - Bermain merupakan dunia bagi anak. Tiada hari tanpa bermain, salah satu permaian yang kini banyak diaminkan adalah latto-latto.

 

Dikutip dari kumparan.com, latto-latto terdiri dari dua biji plastik bundar yang diikat seutas tali, lalu diukur sama panjang.

 

Saat digoyangkan, dua biji plastik itu akan saling bertabrakan sehingga mengeluarkan suara khas “taktok-taktok”.

 

Permainan latto-latto sudah lama ada. Namun kini kembali viral dan dimainkan bukan hanya anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Baca Juga: Honda Luncurkan Motor Mini dengan Desain Unik

 

Sejumlah manfaat pun telah dikemukakan ketika anak melakukan permainan latto-latto.

 

Melansir yoursay.id, berikut beberapa manfaat ketika anak bermain latto-latto:

 

1. Melatih kesabaran dan emosi

 

“Usaha tidak akan mengkhianati hasil,” pepatah ini mungkin sering diucapkan oleh para cendekiawan dengan maksud agar kita tidak mudah menyerah terhadap tujuan-tujuan yang ingin diraih.

 

Begitu juga saat hendak memainkan permainan latto-latto yang terbilang cukup sulit ini. Nah, bila anak merasa kesulitan, coba beri dukungan dan bantu mereka untuk melakukannya.

 

Dengan begitu, anak dapat belajar mengontrol emosi dan kesabarannya.

 

2. Mengurangi kecanduannya gadget bagi anak

 

Seperti yang diketahui, memberikan si kecil gadget bukanlah opsi terbaik untuk menghentikan rengekan mereka kala bunda tengah sibuk bekerja atau melakukan aktivitas-aktivitas lain di rumah.

 

Pasalnya, memberikan gadget secara terus-menerus dalam durasi lama dapat membuat anak tandas mengalami kecanduan, hal ini bisa saja mengakibatkan mereka tidak peka bahkan menjadi malas bersosialisasi dengan teman-teman sepantaran di lingkungan tempat tinggalnya. 

 

Salah satu tips mencegah anak agar tidak kecanduan gadget adalah dengan memberikan mainan latto-latto. Sebab selain murah, mainan ini cukup menyenangkan dan populer di kalangan anak-anak kompleks perumahan, sehingga dipastikan si kecil tidak akan cepat merasa bosan.

 

3. Melatih konsentrasi

 

Meskipun mainan latto-latto ini kelihatan cukup simpel, rupanya untuk memainkannya membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi.

 

Pasalnya, mainan ini terdiri dari dua buah bandul yang dikaitkan dengan seutas tali.

 

Kemudian pemain menggoyang-goyangkannya beberapa kali hingga dua buah bandul itu saling bertubrukan menghasilkan bunyi ketukan lotto-latto. 

 

Pemain latto-latto dikatakan berhasil memenangkan permainan ini, bila mereka dapat membuat bandul tersebut terus bertubrukan dalam waktu yang cukup lama.

 

Beberapa influencer bersama anaknya membagikan pengalaman mereka bermain latto-latto di sosial media, mengaku kesulitan mempertahankan tempo ketukannya.

Baca Juga: Sejarah Penanggalan Masehi dan Penetapan 1 Januari sebagai Awal Tahun

 

4. Melatih motorik

 

Nyatanya memainkan motorik tidak hanya membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi, melainkan juga untuk sistem motorik tubuh, terutama kekuatan tangan.

 

Pemain yang berhasil memantulkan dua bandul, cenderung terbakar semangat untuk mempertahankan tempo ketukan dalam durasi yang cukup lama. 

 

Bila anak cakap dalam memantulkan bandul latto-latto tersebut, secara tidak langsung dapat melatih konsentrasi dan anggota gerak mereka. 

 

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh si anak ketika bermain latto-latto. Semoga bermanfaat. (C)

 

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga