4 Tips Jitu Atasi Rasa Pegal saat Perjalanan Mudik

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 15 April 2023
0 dilihat
4 Tips Jitu Atasi Rasa Pegal saat Perjalanan Mudik
Penting mengetahui cara mengatasi pegal ini agar mudik bisa lancar. Foto: alodokter.com

" Saat perjalanan mudik atau pulang kampung ada saja masalah yang dialami, salah satunya badan terasa pegal. Maka penting mengetahui cara mengatasi pegal ini agar mudik bisa lancar "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat perjalanan mudik atau pulang kampung ada saja masalah yang dialami, salah satunya badan terasa pegal. Maka penting mengetahui cara mengatasi pegal ini agar mudik bisa lancar.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, melakukan perjalanan mudik Lebaran dalam waktu yang cukup lama rentan memicu pegal-pegal. Keluhan ini bisa muncul di bagian tubuh mana pun, khususnya leher, punggung, pinggang, lengan, dan lutut.

Badan pegal-pegal saat perjalanan mudik bisa terjadi karena otot tidak mendapatkan cukup aliran darah serta sendi yang kaku akibat duduk terlalu lama, sedikit bergerak, atau menopang tas yang terlalu berat.

Keluhan ini cukup umum dialami oleh para pemudik. Maka penting mengetahui cara mengatasi pegal ini agar mudik bisa lancar.

Baca Juga: Ini 4 Tips Pilih Hidangan Sehat Saat Lebaran

Melansir yoursay.id dari halodoc.com, berikut beberapa tips mengatasi rasa pegal ketika dalam perjalanan mudik:

1. Lakukan peregangan

Selama dalam perjalanan jangan biarkan tubuh tidak bergerak. Hal itu biasanya akan mengakibatkan tubuh kaku karena posisi diam yang terlalu lama.

Lakukan peregangan ringan seperti menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan, tekuk siku ke kanan dan ke kiri selama beberapa saat. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa berhenti sejenak untuk beristirahat di rest area.

2. Pilih posisi duduk yang nyaman

Untuk kamu yang mudik dengan trasportasi pribadi, pilihlah posisi duduk yang nyaman. Sebab, mudik akan memakan waktu yang cukup lama karena menempuh perjalanan jauh. Aturlah sandaran bangku kendaraan sesuai posisi nyaman yang kamu rasakan.

Namun jika kamu mudik dengan kendaraan umum, jika memungkinkan untuk tidak terlalu berdempet dengan penumpang lain. Atur posisi dudukmu secara tegak namun santai.

Aturlah posisi lutut lebih tinggi dari pada posisi panggul. Posisikan kepala dengan tegak namun tak perlu tegang. Akan lebih baik jika menyandarkan kepala secara sejajar dengan tulang belakang.

3. Mencari hiburan selama perjalanan

Melakukan kegiatan seperti membaca buku, menonton film, mendengarkan musik, bermain game dan lain sebagainya tak hanya bisa mengobati rasa jenuh selama perjalanan.

Kegiatan tersebut juga bisa mengatasi rasa pegal yang dirasakan selama perjalanan.

Baca Juga: 4 Tips Bantu Puasa Tidak Batal Saat Mudik

4. Membawa bantal kecil serta bantal leher

Tak ada salahnya ketika hendak mudik untuk membawa bantal kecil. Bantal kecil ini cukup berguna untuk diletakkan di  punggung agar tidak merasakan nyeri serta rasa pegal.

Selain bantal kecil untuk punggung, kamu juga bisa membawa bantal untuk leher. Bantal leher bisa mencegah timbulnya rasa nyeri pada bagian leher dan juga bahu. Selain itu, bantal leher juga berfungsi agar tidurmu terasa nyaman.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Telisikers lakukan untuk mengatasi rasa pegal saat perjalanan mudik. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga