5 Makanan Ini Bisa Atasi Bau Badan Tak Sedap

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Rabu, 07 September 2022
0 dilihat
5 Makanan Ini Bisa Atasi Bau Badan Tak Sedap
Bau badan menjadi permasalahan yang sulit diatasi. Aroma tubuh pada sebagian orang seringkali tercium lebih menyengat dibandingkan orang lainnya. Foto: Repro Okezone.com

" Dengan mengonsumsi jenis makanan yang tepat, Anda tak hanya memenuhi kebutuhan gizi, tetapi juga meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk menetralkan bau badan "

KENDARI, TELIEIK.ID - Bau badan merupakan salah satu masalah yang sulit diatasi. Tidak semua bau badan itu harum dan wangi. Ada juga bau badan yang tidak sedap hingga mengganggu orang lain.

Dan kebanyakan orang tidak menyadari bau atau aroma badannya sendiri. Namun, Bau badan yang tidak sedap sebenarnya bisa dikurangi dengan memilih makanan yang tepat.

Mengutip dari Hellosehat.com, dengan mengonsumsi jenis makanan yang tepat, Anda tak hanya memenuhi kebutuhan gizi, tetapi juga meningkatkan kesehatan tubuh.

Selain itu, makanan tertentu juga ternyata dapat memengaruhi aroma yang keluar secara alami dari tubuh.

Apabila Anda termasuk sebagian orang yang sering kali mengalami masalah bau badan, simak jenis-jenis makanan dan minuman untuk menghilangkan bau badan tak sedap berikut ini.

1. Sayuran hijau

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Evolution and Human Behavior Journal menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi makanan dengan bahan dasar sayuran dan buah-buahan memiliki bau badan yang lebih sedap.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Gemuk, Nomor Terakhir Bikin Kaget

Sayur-sayuran hijau termasuk ke dalam makanan yang dapat mengatasi bau badan, khususnya area tubuh bagian bawah. Hal ini disebabkan oleh kandungan klorofil di dalamnya.

Klorofil dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan, salah satunya dapat menetralkan zat yang bisa menyebabkan bau badan.

2. Makanan kaya serat

Tak hanya sayuran hijau, makanan berserat lain seperti buah-buahan, kacang-kacangan, serta beragam sayur berwarna seperti wortel, nyatanya bisa mengatasi bau badan.

Makanan jenis ini bisa jadi penghilang bau badan karena membantu detoksifikasi alami di dalam tubuh.

Hal ini membuat tubuh tak perlu mengeluarkan racun dan zat-zat yang bisa menimbulkan bau badan melalui keringat.

3. Buah-buahan asam

Dikutip dari Detik.com, walaupun rasanya asam ternyata buah-buahan seperti jeruk, lemon dan yang lainnya memiliki kadar air yang sangat tinggi. Kandungan air yang tinggi pada buah ini dibutuhkan untuk membantu meminimalisir racun-racun di dalam tubuh.

Air yang masuk dalam jumlah banyak ke dalam tubuh dapat membantu mengalirkan air ke seluruh tubuh dan mendorong racun untuk keluar. Semakin banyak racun yang dikeluarkan oleh tubuh maka aroma tubuh akan membaik.

Buah-buahan yang asam ini disarankan untuk dikonsumsi secara rutin dan ditambahkan dalam menu diet sehari-hari. Baik untuk dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi jus buah yang menyegarkan.

4. Teh herbal

Sejak berabad-abad silam, teh herbal dikenal sebagai minuman yang paling berkhasiat untuk tubuh. Berbagai komponen alami di dalamnya dapat memberikan beragam manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Termasuk salah satunya menjaga kesehatan pencernaan dan meminimalisir bau badan. Teh herbal ini biasanya terbuat dari bahan-bahan alami yang enak dan menyegarkan.

Baca Juga: 5 Penyakit Ini akan Muncul Jika Jarang Ganti Sarung Bantal

Salah satu jenis teh herbal yang paling disarankan adalah teh melati. Komponen alami yang memproduksi aroma harum akan membuat bau tubuh menjadi lebih segar.

5. Yogurt

Pada proses pembuatannya, yogurt melibatkan bakteri baik untuk membantu proses fermentasinya. Kandungan probiotik yang baik ini kemudian memberikan banyak efek positif terhadap tubuh.

Probiotik dapat membantu menetralkan kandungan sulfur yang menyebabkan bau badan menjadi lebih menyengat. Selain itu bakteri baiknya juga mampu melawan racun-racun penyebab bau badan.

Sedangkan berbanding terbalik dengan yogurt, susu justru dapat menyebabkan bau badan menjadi lebih menyengat. Hal ini lantaran kandungan protein hewani pada susu dapat memproduksi lebih banyak bakteri penyebab bau badan. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga