5 Universitas dengan Jurusan Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 15 September 2023
0 dilihat
5 Universitas dengan Jurusan Teknik Pertambangan Terbaik di Indonesia
Universitas dengan jurusan Teknik Pertambangan terbaik pertama di Indonesia adalah ITB. Foto: Repro Ilmutambang.com

" Universitas dengan jurusan Teknik Pertambangan terbaik di Indonesia adalah Institut Teknologi Bandung atau ITB "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi Anda yang bakal selesaikan sekolah dan tertarik berkarir di bidang pertambangan, ada baiknya mencari referensi perguruan tinggi yang menyediakan jurusan relevan yang lulusannya dibutuhkan di industri tambang.

Lantas, perguruan tinggi mana saja yang punya jurusan Teknik Pertambangan terbaik di Indonesia? Dilansir dari Ayojakarta.com dan Kalesang.id, berikut daftarnya.

1. Institut Teknologi Bandung

Di urutan pertama, universitas dengan jurusan Teknik Pertambangan terbaik di Indonesia adalah Institut Teknologi Bandung atau biasa disingkat ITB. Tak tanggung-tanggung, mahasiswa yang mengambil jurusan teknik pertambangan di ITB bahkan akan mengaplikasikan ilmunya melalui program kerja praktik di lokasi penambangan langsung.

Baca Juga: 20 Universitas dengan Fakultas Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia

Kemudian di tingkat akhir nanti, mahasiswa Teknik Pertambangan ITB akan mengerjakan project dalam capstone design. Untuk akreditasinya sendiri jurusan Teknik Pertambangan ITB sudah terakreditasi A atau sangat baik dari BAN-PT.

2. UPN Veteran Yogyakarta

Selanjutnya, universitas yang memiliki jurusan Teknik Pertambangan terbaik di Indonesia adalah UPN Veteran Yogyakarta. Jurusan Teknik Pertambangan di UPN Veteran Yogyakarta juga memiliki akreditasi A atau sangat baik dari BAN-PT.

Bagi kamu yang tertarik berkuliah dengan jurusan Teknik Pertambangan di universitas ini, kamu akan diberikan beragam fasilitas dan proses pembelajaran yang mumpuni dengan dosen-dosen yang profesional dan tentunya sudah berpengalaman dalam bidangnya.

3. Universitas Hasanuddin

Universitas yang ada jurusan pertambangan di Indonesia ketiga adalah Universitas Hasanuddin atau yang biasa disebut dengan Unhas. Universitas yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan ini juga memiliki jurusan Teknik Pertambangan yang tidak kalah hebatnya dengan ITB dan UPNVY.

Di sini, jurusan Teknik Pertambangan sudah mendapatkan akreditas dengan predikat B, keren bukan? Selain itu, Unhas juga berupaya memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi para mahasiswa jurusan ini dengan memberikan metode pembelajaran terbaik melalui dosen-dosen yang sudah berpengalaman.

4. Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya di Kota Palembang juga termasuk ke dalam universitas yang memiliki jurusan Teknik Pertambangan terbaik dengan akreditasi B. Sayangnya, persaingan untuk memasuki jurusan Teknik Pertambangan di universitas ini terbilang sangat sulit.

Baca Juga: Universitas dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia

Jadi persiapkan dirimu dengan baik ya agar bisa bersaing mengamankan salah satu kursi di jurusan ini

5. Universitas Trisakti

Salah satu universitas swasta yang memiliki jurusan Teknik Pertambangan di Indonesia adalah Universitas Trisakti yang terletak di Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Jurusan Teknik Pertambangan di sini sudah terakreditasi B dan masuk ke dalam Fakultas Teknik Kebumian dan Energi dengan jenjang untuk S1. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga