6 Hewan Peliharaan Termahal di Dunia, Capai Rp 200 Miliar

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Jumat, 08 Desember 2023
0 dilihat
6 Hewan Peliharaan Termahal di Dunia, Capai Rp 200 Miliar
Sebagian besar hewan peliharaan akan menyebabkan pengeluaran tambahan setiap bulan, terutama dalam hal makanan. Foto: fortuneidn.com

" Beberapa jenis hewan peliharaan memiliki harga ratusan juta hingga miliaran rupiah. Ada beberapa penyebab yang membuat harganya tinggi, mulai dari bentuk fisiknya, jumlahnya, ukuran, sejarahnya, hingga garis keturunannya "

KENDARI, TELISIK.ID - Bermain dan merawat hewan peliharaan jadi hal yang menyenangkan, bisa menghilangkan rasa penat dan lelah setelah bekerja atau beraktifitas.

Sebagian besar hewan peliharaan akan menyebabkan pengeluaran tambahan setiap bulan, terutama dalam hal makanan. Terakhir, perlu memastikan bahwa hewan yang akan dipelihara legal. 

Beberapa jenis hewan peliharaan memiliki harga ratusan juta hingga miliaran rupiah. Ada beberapa penyebab yang membuat harganya tinggi, mulai dari bentuk fisiknya, jumlahnya, ukuran, sejarahnya, hingga garis keturunannya.

Dilansir dari fortuneidn.com dan theasianparent.com, berikut daftar hewan peliharaan termahal di dunia:

1. Kuda balap Green Monkey (Rp 227 miliar)

Hewan termahal di dunia yang pertama adalah kuda balap bernama Green Monkey. Berbeda dengan jenis kuda balap lainnya, kuda ini berdarah murni Amerika yang merupakan keturunan dari kuda balap jantan lainnya bernama Forestry.

Di arena balapan, Green Monkey ini dapat berlari sejauh 1 kilometer dalam waktu 9,8 detik saja. Tak heran harga kuda balap satu ini sangat tinggi, yakni Rp 227 miliar.

2. Burung Hyacinth Macaw

Burung elegan seperti Hyacinth Macaw ini sering disukai karena memiliki pola warna yang indah. Namun, penting untuk diingat bahwa burung jauh lebih sulit dirawat daripada kelihatannya. 

Baca Juga: Fakta Unik Kelelawar Putih, Hewan Mungil Bermuka Babi

Panjang burung jenis ini bisa mencapai 40 inci atau 1 meter dan lebar sayapnya 60 inci. Dengan panjangnya itu, Hyacinth Macaw menjadi burung beo terbang terbesar di dunia. 

Mereka adalah burung yang lembut dan cerdas, namun mereka juga bisa sangat berisik. Seperti diketahui mereka bisa hidup selama 50 tahun. Harga untuk burung-burung Hyacinth Macaw ini bervariasi antara 6.500 sampai 14.000 US dolar atau Rp 97 juta hingga Rp 200 juta rupiah. 

3. Sapi Miss Missy

Hewan peliharaan termahal di dunia berikutnya adalah seekor sapi. Sapi tersebut bernama Miss Missy yang merupakan keturunan sapi Holstein yang cukup terkenal.

Sapi ini memiliki banyak reputasi serta titel bergengsi. Konon katanya, sapi ini bisa memproduksi 50 persen susu lebih banyak dibanding sapi umumnya.

Siap-siap untuk kaget mendengar harganya karena sapi Miss Missy ini dibanderol seharga Rp 16 miliar.

4. Burung Kakatua Raja

Hewan peliharaan yang memiliki harga mahal lainnya adalah Burung Kakatua Raja. Burung besar ini dibedakan oleh pola bulu mohawk di bagian atas kepala mereka. Mereka mungkin tidak berwarna cerah seperti Hyacinth Macaw, tetapi mereka masih memiliki penampilan yang anggun. 

Burung Kakatua Raja ini bisa menjadi hewan yang menyenangkan dan cerdas untuk dimiliki. Namun perlu diingat mereka membutuhkan banyak perhatian. Mereka mungkin berteriak atau bertindak agresif jika diabaikan terlalu lama.

Baca Juga: Hewan Mamalia Ini Ternyata Bisa Menstruasi

Harapan hidup rata-rata burung ini adalah 40 hingga 60 tahun, tetapi mereka juga bisa mencapai 80 hingga 90 tahun. 16 ribu US dolar atau lebih dari Rp 200 juta rupiah adalah harga yang cukup untuk spesies ini karena mereka sulit berkembang biak dan hampir menjadi spesies yang terancam punah. 

Jadi, kemungkinan besar perlu mendapatkan izin untuk memilikinya. Selain harga burung, Anda juga dapat menghabiskan setidaknya Rp 14 juta setahun untuk merawat mereka. 

5. Simpanse

Simpanse adalah hewan yang tak asing lagi bagi Anda. Memiliki kemiripan genetik dengan manusia hingga 98 persen. Hewan ini sangat cerdas dan memiliki usia yang panjang hingga 60 tahun.

Di Amerika Serikat, simpanse dijual dengan harga US$60 ribu atau setara Rp 850 jutaan. Untuk di Indonesia sendiri, hewan ini sudah dilarang untuk dipelihara.

6. Singa Putih

Semua jenis kucing besar seperti singa kemungkinan akan memerlukan izin untuk memilikinya. Jadi, pastikan Anda memeriksa hukum sebelum benar-benar memiliki anak singa yang langka. 

Karena hewan ini sangat langka, harganya diperkirakan sekitar 140 ribu US dolar atau Rp 209 juta rupiah untuk membelinya. Belum lagi, beberapa pon daging untuk makanan sehari-harinya. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga