adplus-dvertising

7 Tips Atur Keuangan di Tengah Hidup Serba Mahal

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 10 September 2022
315 dilihat
7 Tips Atur Keuangan di Tengah Hidup Serba Mahal
Menanbung adalah salah satu cara yang bisa dilakukan mengelola keuangan yang baik dan terbukti ampuh. Foto: Repro bisnis.com

" Mengatur keuangan di tengah kenaikan harga-harga barang, bukan perkara mudah. Apalagi kenaikan harga BBM sejak di tetapkan pemerintah pusat tidak dibarengi dengan kenaikan gaji yang diterima karyawan. Imbasnya, beban pengeluaran akan semakin meningkat "

KENDARI, TELISIK.ID - Mengatur keuangan di tengah kenaikan harga-harga barang, bukan perkara mudah. Apalagi kenaikan harga BBM sejak di tetapkan pemerintah pusat tidak dibarengi dengan kenaikan gaji yang diterima karyawan. Imbasnya, beban pengeluaran akan semakin meningkat.

Anda perlu mengatur pengeluaran seminim mungkin untuk mengantisipasi hal itu, berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan. Dikutip dari um.surabaya.ac.id dan tirto.id, berikut ini tips atur keuangan di tengah hidup serba mahal, yaitu:

1. Prioritaskan sesuai kebutuhan


Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi, Mike Rini Sutikno mengatakan, di tengah kondisi tidak menentu seperti saat ini, Anda harus mempunyai yang namanya prioritas keuangan. Sebab yang paling terdampak dari kenaikan harga-harga barang yakni kemampuan daya beli menurun.

Sehingga kita punya kebutuhan itu tetap sama, tapi kemampuan kita untuk memenuhi kebutuhan itu jadi berkurang," dilansir dari Tirto.id.

Dia menyampaikan, secara mentalitas pendapatan dimiliki Anda saat ini memang harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan terlebih dahulu. Namun, pola pikirnya perlu dirubah dengan cara membuat terlebih dahulu prioritas berdasarkan kebutuhan.

Baca Juga: 7 Tips Mulai Usaha Kuliner Kekinian Bagi Pemula

2. Membuat alokasi anggaran

Dikutip dari cimbniaga.co.id, Dalam memulai menemukan cara mengelola keuangan yang mudah Anda aplikasikan, Anda bisa mulai dari menyiapkan anggaran keuangan. Anggaran ini dibutuhkan sebagai sebuah acuan dalam segala perhitungan finansial Anda.

Mulai dari pemasukan, pengeluaran, serta kebutuhan untuk berinvestasi dan akses terhadap layanan kesehatan. Dengan memerhatikan anggaran keuangan sebagai salah satu cara mengelola keuangan, Anda bisa menentukan aspek apa saja yang diperlukan dan dibutuhkan.

Penentuan tersebut berguna agar Anda tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan atau tidak dibutuhkan, sekaligus membuat Anda lebih disiplin lagi dalam menentukan prioritas demi mengelola kondisi finansial agar selalu balance atau bahkan mendapatkan keuntungan. Anggaran ini juga berguna untuk menentukan berapa biaya yang perlu Anda keluarkan per bulannya.

3. Membuat pencatatan sederhana pengeluaran

Selain memiliki anggaran, Anda juga membutuhkan adanya catatan keuangan dalam menentukan cara mengelola keuangan yang baik. Catatan keuangan ini berguna untuk memberi rincian terhadap pengeluaran Anda dalam sehari-hari atau per bulannya.

Dengan mengetahui secara rinci terkait pengeluaran yang dilakukan, maka Anda akan lebih mudah mengeliminasi pengeluaran yang tidak diperlukan untuk kemudian hari. Hal tersebut bisa mulai Anda alokasikan ke hal-hal yang lebih menguntungkan seperti menabung atau mulai berinvestasi.

Kedua hal tersebut akan membantu Anda dalam merealisasikan masa depan yang lebih baik secara lebih cepat dan mudah sekaligus juga jadi hal yang baik dalam cara mengelola keuangan dalam jangka waktu panjang.

4. Konsultasi dengan financial planner

Jika kondisi tersebut kita analogikan seperti seseorang yang sedang sakit, dokter adalah pihak yang bisa membantu kita melakukan diagnosa penyakit yang dialami untuk selanjutnya diberikan obat sesuai dengan penyakitnya.

Sayangnya profesi konsultan keuangan pribadi atau yang lebih populer dengan nama financial planner (perencana keuangan) ini bisa dibilang belum banyak dimanfaatkan oleh kebanyakan masyarakat kita. Alasannya mungkin saja karena biaya jasa konsultasi perencanaan keuangan yang tidak murah, juga karena sebagian masyarakat kita yang masih tabu dan tertutup soal masalah keuangan.

Padahal jasa perencana keuangan profesional ini sangat krusial. Selain bisa membantu kamu mencapai tujuan keuangan melalui  perencanaan keuangan yang baik, mereka juga bisa bantu kamu memperbaiki kondisi keuangan yang bermasalah dan akan semakin memburuk jika dibiarkan.

5. Miliki bayangan kehidupan di masa depan

Selain melakukan kegiatan dalam melatih Anda menentukan cara mengelola keuangan yang baik, ternyata membayangkan atau memiliki impian yang jelas juga bisa membantu Anda memotivasi untuk memiliki kondisi keuangan yang sehat.

Dengan membayangkan kehidupan apa yang Anda inginkan di masa depan, Anda dapat membuat rencana yang lebih baik lagi. Terutama untuk perjalanan karier Anda. Cara mengelola keuangan yang satu ini berasal dari keinginan Anda tentang kehidupan ideal yang ingin direalisasikan. Maka kekuatan dari impian ini bisa cukup besar dalam memengaruhi kebiasaan Anda dalam mengelola finansial secara lebih baik.

6. Belajar untuk menabung

Mungkin Anda sudah bosan mendengar kata menabung. Namun, menabung hingga saat ini merupakan salah satu cara mengelola keuangan yang baik dan terbukti ampuh.

Apalagi jika Anda saat ini sedang mempersiapkan kehidupan di masa depan yang lebih baik. Dengan menabung, Anda secara tidak langsung menyisihkan uang yang Anda miliki untuk kebutuhan di masa depan yang sifatnya terencana maupun tidak terencana.

Sehingga Anda tidak perlu merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan nanti. Namun perlu Anda pahami, cara mengelola keuangan dengan menabung ini dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Memilih Kosmetik yang Aman untuk Kulit

Pasalnya, Anda harus rela untuk menyisihkan penghasilan Anda dengan nominal yang Anda tentukan sendiri untuk tidak bisa digunakan dalam waktu yang dekat. Demi memperlancar cara mengelola keuangan dengan menabung, Anda juga bisa mengubah gaya hidup Anda secara perlahan.

Anda bisa mulai menghindari atau mengurangi pengeluaran berlebihan dan mengalokasikan dana tersebut ke dalam tabungan Anda.

7. Hindari berutang

Utang merupakan salah satu kendala dalam menentukan cara mengelola keuangan yang baik. Pasalnya dengan berutang, Anda jadi harus menyisihkan penghasilan Anda untuk mengalokasikannya dalam membayar tagihannya setiap bulannya.

Demi menemukan cara mengelola keuangan yang sesuai, ada baiknya Anda perlu menyelesaikan segala bentuk utang yang Anda miliki. Menyelesaikan utang ini bisa jadi langkah awal dalam pengelolaan keuangan Anda yang kuat di masa depan.

Anda bisa mengalokasikan dana yang sebelumnya dikeluarkan untuk membayar tagihan untuk hal yang bermanfaat lainnya, seperti investasi atau menabung.

Dengan mengalokasikan dana untuk kebutuhan di masa depan serta menghindari kondisi di dalam utang, Anda akan bisa mempersingkat waktu menemukan cara mengelola keuangan yang baik dan sesuai dengan kepribadian Anda. (C)

 

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga