Antisipasi Bank di Kendari Cegah Money Politic

Riksan Jaya, telisik indonesia
Selasa, 13 Februari 2024
0 dilihat
Antisipasi Bank di Kendari Cegah Money Politic
BRI Samratulangi (Kiri), BCA Kendari Mt. Haryono (Tengah), dan BI Sultra (Kanan). Foto: Kolase

" Jelang hari pencoblosan Pemilu 2024, sejumlah bank di Kota Kendari telah mengeluarkan kebijakan untuk tidak menerima penarikan uang melalui teller dalam jumlah besar, maupun penukaran uang menjadi pecahan tertentu dalam jumlah banyak "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang hari pencoblosan Pemilu 2024, sejumlah bank di Kota Kendari telah mengeluarkan kebijakan untuk tidak menerima penarikan uang melalui teller dalam jumlah besar, maupun penukaran uang menjadi pecahan tertentu dalam jumlah banyak.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi bahwa uang cash yang ditarik maupun pecahan uang yang sudah ditentukan tersebut akan berpotensi bakal dipergunakan sebagai politik uang atau yang sering diistilahkan dengan serangan fajar oleh oknum peserta pemilu dan tim sukses.

Menurut salah satu pegawai Bank Syariah Indonesia (BSI) di Kendari yang enggan disebutkan namanya, mengatakan bahwa di Kantor BSI tempat ia bekerja sudah lama tidak menerima penarikan uang dalam jumlah besar.

Baca Juga: Warga Didorong Lapor Praktek Politik Uang

Hal ini dilakukan menjelang pemilu untuk mencegah oknum-oknum yang ingin menggunakan dana tersebut sebagai alat money politic, Selasa (13/2/2024).

Selain itu, berdasarkan informasi yang dihimpun dari Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kendari By Pass juga sudah menghentikan penarikan uang dalam jumlah banyak karena suplay uang cash yang disediakan oleh Bank Indonesia (BI) sudah dihentikan sementara.

Baca Juga: Polda Sulawesi Tenggara Doa Bersama Lintas Agama untuk Pemilu 2024

Salah seorang petugas resepsionis BI Sulawesi Tenggara, Nirwana Erika mengaku tidak melayani untuk melakukan penukaran uang dalam pecahan tertentu, hanya melayani penukaran uang yang sudah tidak layak digunakan.

“Kami hanya menerima pengantian uang lusuh atau sobek,” imbuhnya, Selasa (13/2/2024).

Sementara itu, tim Telisik.id juga mencoba mengkonfirmasi terkait kebijakan penukaran uang sebagai upaya mencegah politik uang di Bank Central Asia (BCA) KCU Kendari dan pimpinan cabang KC BRI Kendari Samratulangi, namun pimpinan kedua bank tersebut tidak dapat ditemui. (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga