Argentina Pertahankan Gelar dan Rekor Juara Copa America ke-16

Mustaqim, telisik indonesia
Senin, 15 Juli 2024
0 dilihat
Argentina Pertahankan Gelar dan Rekor Juara Copa America ke-16
Kapten Argentina, Lionel Messi, memegang trofi dan merayakan kemenangan tim usai pertandingan Final Copa America 2024 CONMEBOL melawan Kolombia di Stadion Hard Rock, Miami Gardens, Florida, Senin (15/7/2024) pagi WIB. Foto: Buda Mendes/AFP

" Juara bertahan Argentina mengatasi kehilangan Lionel Messi untuk memenangkan rekor gelar Copa América ke-16 dengan mengalahkan Kolombia 1-0 di Stadion Hard Rock, Miami, Florida, Senin (15/7/2024) pagi WIB "

FLORIDA, TELISIK.ID - Juara bertahan Argentina mengatasi kehilangan Lionel Messi untuk memenangkan rekor gelar Copa América ke-16 dengan mengalahkan Kolombia 1-0 di Stadion Hard Rock, Miami, Florida, Senin (15/7/2024) pagi WIB.

Gol kemenangan Argentina dilesakkan oleh pemain pengganti Lautaro Martínez. Hasil ini juga menjadikan Martinez sebagai pencetak gol terbanyak di Copa America 2024 dengan 5 gol.  

Striker Inter Milan itu memanfaatkan bola terobosan tepat dari Giovani Lo Celso sebelum melepaskan tembakan keras dan bola melewati kiper Kolombia, Camilo Vargas, pada menit ke-112.

Martinez kemudian berlari ke bangku cadangan untuk memeluk Lionel Messi yang menderita cedera kaki kanan saat berlari dan jatuh pada menit ke-64. Messi menutupi wajahnya dengan tangannya ketika dia duduk di bangku cadangan.

Kemenangan itu juga menandai pertandingan terakhir Angel Di Maria di Argentina. Pemain berusia 36 tahun itu tahun lalu mengatakan ia akan pensiun dari sepak bola internasional setelah Copa America. Sementara bek Nicolas Otamendi (36 tahun) juga akan mengakhiri karir internasionalnya.

Baca Juga: Juara Copa America Edisi Pertama hingga 2024

“Sebenarnya, ini ditulis, memang begini. Saya memimpikannya, saya bermimpi bahwa saya akan tiba di final dan memenangkannya dan pensiun dengan cara ini. Saya memiliki begitu banyak perasaan indah dan saya selamanya berterima kasih kepada generasi ini dan hari ini saya pergi dengan cara ini dengan sebuah gelar,” tutur Di Maria usai pertandingan.

Pertandingan final Copa Amerika 2024 sempat tertunda 75 menit karena masalah kerumunan suporter yang memaksa masuk ke dalam Stadion Hard Rock. Termasuk kerumunan suporter yang menerobos gerbang keamanan di tempat yang akan digunakan untuk Piala Dunia 2026 itu.

Argentina memenangkan gelar utama ketiga berturut-turut setelah Copa América 2021 dan Piala Dunia 2022. Rekor ini menyamai Spanyol yang memenangkan Kejuaraan Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010.

Argentina juga menghentikan 28 pertandingan beruntun tak terkalahkan Kolombia sejak kekalahan Februari 2022 dari Albiceleste, ketika Martinez juga mencetak satu-satunya gol.

Martinez masuk pada menit ke-97 dan mencetak gol dari umpan terobosan sempurna Giovani Lo Celso. Tepat di dalam kotak penalti, Martínez mengirim tembakan kaki kanan melalui lengan kiper Camilo Vargas yang terangkat untuk gol internasionalnya yang ke-29, gol kelima tertinggi turnamennya.

Membuat penampilan Copa América ke-39 dan mungkin terakhir pada usia 37, Messi mencetak satu gol di turnamen ini. Dia tetap bermain melawan Kolombia setelah pergelangan kakinya diinjak di babak pertama.

Messi yang meraih Ballon d'Or delapan kali melihat ke bangku cadangan setelah dia jatuh ke lapangan di babak kedua. Dia melepas sepatu kanannya saat dia berjalan pergi dan membantingnya dengan frustrasi di bench pemain, sementara pergelangan kakinya tampak membengkak.

“Messi harus pergi karena masalah pergelangan kaki itu, tetapi akhirnya kami bisa memberinya kegembiraan,” ujar Di Maria, yang bersama-sama mengangkat trofi bersama Messi dan Otamendi pada seremoni penyerahan trofi.

Baca Juga: Euro 2024: Lamine Yamal Pecahkan Rekor Final Internasional Pele

Susunan pemain

Argentina: Emiliano Martínez; Gonzalo Montiel, Cristian Romero, Lisandro Martínez, Nicolás Tagliafico; Rodrigo De Paul, Alexis Mac Allister, Enzo Fernández; Ángel Di María, Lionel Messi, Julián Álvarez.

Pemain pengganti: Nicolás González, Nahuel Molina, Giovani Lo Celso, Leandro Paredes, Lautaro Martínez, Nicolás Otamendi.

Kartu kuning: Alexis Mac Allister, Giovani Lo Celso

Pelatih: Lionel Scaloni.

Kolombia: Camilo Vargas; Santiago Arias, Carlos Cuesta, Davinson Sánchez, Johan Mojica; Jefferson Lerma, Richard Ríos, Jhon Arias; James Rodríguez, Luis Díaz, Jhon Córdoba.

Pemain pengganti: Rafael Santos Borré, Kevin Castaño, Juan Fernando Quintero, Miguel Ángel Borja, Mateus Uribe, Jorge Carrascal.

Kartu kuning: Jhon Córdoba, Miguel Borja

Pelatih: Néstor Lorenzo.

Wasit: Raphael Claus (Brasil). (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga