Awas, 5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 26 Maret 2023
0 dilihat
Awas, 5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan saat Puasa
Ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan sebagian orang saat berpuasa. Foto: parenting.co.id

" Saat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan seringkali seseorang melakukan hal yang kurang baik, sehingga menurunkan kualitas ibadah puasanya "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan seringkali seseorang melakukan hal yang kurang baik, sehingga menurunkan kualitas ibadah puasanya.

Pada umumnya, dikutip dari liputan6.com, menghindari hal-hal yang membatalkan puasa saja tidak cukup untuk bisa beribadah dengan maksimal. 

Paslanya, masih banyak di antara umat Islam yang masih sering melakukan kesalahan ketika puasa ramadan, sehingga aktivitas mereka banyak yang terhambat.

Ketika masalah itu terus dilakukan dapat membuat kita kurang produktif, tidak bersemangat ketika menjalankan rutinitas sehari-hari, tidak kuat menahan lapar, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Hal Bisa Merusak Pahala Puasa

Melansir yoursay.id dari channel YouTube dr Clarin Hayes, berikut beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan sebagian orang saat berpuasa:

1. Tidur seharian

Mentang-mentang berpuasa dan tidak makan-minum seharian, kamu menjadikan alasan lemas sebagai dalih pembenaran untuk bisa tidur seharian.

Wah jangan begitu ya, guys! Kebanyakan tidur juga gak baik untuk kesehatan. Selain makruh dalam puasa, tidur seharian juga bikin mood buruk, pusing, kram, dan sebagainya.

2. Lewati sahur

Sahur bukan hanya merupakan sebuah sunnah dalam berpuasa. Tapi juga amalan yang ternyata punya peran dan manfaat untuk menjaga kesehatan kita.

Ketika kita tidak sahur entah jarena malas atau hal lain, itu berarti kita telah membiarkan lambung kita kosong selama lebih dari 16 jam.

Hal ini akan memperparah kondisi seseorang jika memiliki riwayat penyakit lambung dan juga meningkatkan risiko gerd bagi yang lambungnya baik-baik saja. 

3. Tidak olahraga 

Meski puasa, kamu tetap harus memperhatikan kesehatanmu. Selain pola makan yang sehat, juga diimbangi dengan olahraga pula. Tapi kapan sih baiknya berolahraga ketika kita menjalankan puasa? 

Saat puasa, kamu bisa mengubah jadwal olahragamu. Jika biasanya kamu melakukan olahraga di pagi hari, dan takut malah bikin gak kuat puasa seharian.

Kamu bisa mengubah jadwal olahraga kurang lebih sekitar 90 menit sebelum berbuka atau 2 jam setelah berbuka. Tentunya kamu harus menyesuaikan dengan kondisi tubuhmu dan jangan dipaksakan. Kurangi porsi olahraga jika itu membuatmu kesulitan. Lakukan minimal 2 kali dalam seminggu. 

4. Balas dendam saat berbuka

Beruka memang menjadi momen yang dinanti-nantikan. Setelah seharian menahan lapar dan haus, tentu kita ingin makan sepuasnya.

Tetapi, meskipun kita ingin mencoba segala jenis makanan setelah menahan selama seharian, balas dendam saat berbuka menjadi hal yang tidak disarankan.

Kamu juga perlu menghitung kalori saat berbuka. Jangan sampai jumlah kalori yang masuk ke tubuhmu melebihi dosis harian sebab dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit lainnya.

Baca Juga: 6 Tips Ini Bantu Atasi Kulit Wajah Kering saat Puasa

5. Tidur setelah sahur

Sahur di pagi buta memang banyak memotong waktu istirahat kita. Namun, meski ingin sekalipun usahakan untuk tidak langsung tidur setelah sahur.

Alasan utama tidak dianjurkannya tidur setelah sahur adalah kondisi lambung yang penuh bisa meningkatkan asam lambung. Minimal beri jarak 2 jam setelah lambung terisi jika ingin tidur. 

Nah, itulah beberapa hal yang kurang baik namun sering dilakukan sebagian orang saat berpuasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga