Basarnas Tempatkan Unit Siaga Pencarian dan Penyelamatan di Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 11 November 2020
0 dilihat
Basarnas Tempatkan Unit Siaga Pencarian dan Penyelamatan di Muna
Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi saat menempatkan personilnya di Muna. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kami menempatkan personel dalam rangka melaksanakan tugas pencarian dan pertolongan. "

MUNA, TELISIK.ID - Badan SAR Nasional (Basarnas) Kendari menempatkan unit siaga pencarian dan penyelamatan di Kabupaten Muna. Jumlah personel yang ditempatkan sebanyak lima orang.

Penempatan personel itu dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Basarnas (Kakansar) Kendari, Aris Sofingi, disaksikan Asisten I Pemkab Muna LM Ruslan Ibu, Kadis Kelautan Perikanan (KKP) La Kusa dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ali Syadikin, Rabu (11/11/2020).

Aris Sofingi menerangkan, penempatan unit siaga pencarian dan penyelamatan di Muna menindaklanjuti permohonan dari Bupati, LM Rusman Emba pada bulan Juli 2019 lalu yang disetujui kepala Basarnas Pusat.

"Kami menempatkan personel dalam rangka melaksanakan tugas pencarian dan pertolongan," kata Aris.

Aris menegaskan, tugas pencarian dan pertolongan bukan saja menjadi kewajiban Basarnas. Namun, menjadi tugas bersama baik masyarakat, TNI/Polri dan Pemkab. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama yang baik.  

Baca juga: Operasi Yustisi Tekan Angka COVID-19 di Konawe

"Sinergitas harus tetap dijaga, karena ini merupakan tugas kemanusiaan," timpalnya.

Aris juga mengapresiasi dukungan Pemkab Muna yang telah menyiapkan sarana gedung perkantoran dan akan menyiapkan lahan seluas 10 ribu meter persegi untuk rencana pembangunan Kantor Basarnas Muna.

"Kami juga akan mendukung prasarananya. Untuk sementara, kita siapkan peralatan dasar air berupa perahu karet dan alat pendukung lainnya," ungkapnya.

Sementara untuk kebutuhan prasarana, Basarnas Kendari akan mengusulkan ke pusat untuk pengadaan kapal atau rescue boot.

"Semoga dengan hadirnya unit siaga Basarnas di Muna dapat membantu masyarakat melakukan pencarian, penanganan dan pertolongan," harapnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga