adplus-dvertising

Berkunjung ke Kolut, Basarnas Kendari Tinjau Lokasi Pembangunan Kantor SAR

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 13 April 2022
617 dilihat
Berkunjung ke Kolut, Basarnas Kendari Tinjau Lokasi Pembangunan Kantor SAR
Kepala Basarnas Kelas A  Kendari, Aris Sofingi di dampingi Plt Kepala BPBD Kolut, Hj Syamsuriani saat meninjau langsung lokasi pembangunan kantor Badan SAR Nasional Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Kepala Kantor Basarnas Kendari, berkunjung ke Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) dalam rangka serah terima Surat Keputusan (SK) bupati tentang penetapan lokasi kantor Basarnas Kolut "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Kepala Kantor Basarnas Kendari, Aris Sofingi berkunjung ke Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) dalam rangka serah terima Surat Keputusan (SK) bupati tentang penetapan lokasi kantor Basarnas Kolut.

Selain serah terima SK, Kepala Basarnas juga meninjau langsung lokasi yang disiapkan oleh Pemkab Kolut seluas 1354 meter persegi untuk tempat pembangunan kantor Basarnas yang terletak di Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua.

Menurut Aris Sofingi, tujuan dibentuknya unit siaga SAR di setiap daerah termasuk di Kolut agar respon time setiap kejadian, kecelakaan atau bencana alam. Sehingga, waktu penyelamatan terhadap korban bencana alam bisa lebih cepat tertangani atau golden time oleh Basarnas.


"Jika nanti kantor unit siaga SAR Kolaka Utara ini telah jadi, maka tugas-tugas Basarnas terkait dengan pencarian dan pertolongan ketika terjadi kecelakaan atau bencana alam  tidak lagi mendatangkan personil dari Kolaka atau Kendari," terangnya, Rabu (13/4/2022).

Lebih lanjut ia menuturkan, setelah pembangunan kantor kelar. Basarnas Kendari minimal akan menempatkan dua personel di unit siaga SAR Kolut, selebihnya pihaknya meminta kesediaan Pemkab Kolut menyiapkan pegawai untuk membekap tugas-tugas Basarnas.

Baca Juga: Konut Mulai Terapkan SE Menteri Agama Tentang Pengeras Suara

"Tadi kami sudah sampaikan permohonan ke Pak bupati terkait BKO pegawai, beliau merespon dengan baik dan tentu itu pembiayaannya dari Pemkab Kolut sebagai pelengkap personil Basarnas di Kolaka Utara nanti," urainya.

Tahap selanjutnya kata dia, hasil tinjauan hari ini akan diteruskan di Basarnas pusat untuk melakukan kajian akademis berkaitan dengan syarat pembentukan atau pembangunan unit siaga SAR.  

Baca Juga: Bentuk Tim, Kecamatan LAUT NTT Siap Sukseskan TJPS 1000 Ha di Musim Kemarau

"Kalau kami menginginkan secepatnya namun, hal itu tergantung dari Basarnas pusat, kami hanya memfasilitasi. Karena semua ini masih harus memerlukan kajian. Kalau kajian akademisnya cepat dan penilaiannya memang memenuhi syarat pasti akan cepat terealisasi," tukasnya.

Diketahui, Surat Keputusan (SK) Bupati Kolut tentang penetapan lokasi kantor Basarnas Kolut diserahkan langsung Bupati Kolut, Nur Rahman Umar, kepada Kepala Basarnas  Kendari, Aris Sofingi, di ruang kerja Bupati Kolut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kolut, Abbas, Pelaksan tugas BPBD Kolut, Hj Syamsuriani, Plt Asisten I Sekda Kolut, Rahman dan beberapa kepala OPD lainnya. (C)

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga