BNNP Sultra Tingkatkan Kualitas Penggiat P4GN

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 10 Maret 2021
0 dilihat
BNNP Sultra Tingkatkan Kualitas Penggiat P4GN
Workshop peningkatan kualitas penggiat P4GN. Foto: Ist.

" Kadang kala dunia ini kejam bukan karena banyaknya orang jahat tetapi karena diamnya orang baik, seperti peribahasa bahwa diam itu emas, tetapi di BNN justru sebaliknya bahwa diam itu celaka. "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra meningkatkan kualitas penggiat pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Polisi Sabaruddin Ginting menjelaskan maksud dan peran bhabinkamtibmas, bhabinsa dan rukun tetangga serta rukun warga dalam mengidentifikasi pengedar dan penyalahguna narkoba di lingkungan masing-masing.

“Tupoksi BNN yang terdiri dari pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan peredaran narkoba, sehingga kegiatan workshop ini bertujuan membentuk penggiat P4GN secara efektif dan efisien dalam menggerakkan dan mengembangkan potensi masyarakat,” ungkapnya, Rabu (10/3/2021).

Namun dengan tugas fungsi, pihaknya menjelaskan, sebagai penyuluh dapat memberikan penerangan kepada masyarakat dengan data, fakta dan bukti ilmiah terbaru tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan upaya P4GN.

Selanjutnya, sebagai fasilitator dengan cara memfasilitasi kepentingan P4GN di lingkungannya dengan pihak BNN dalam kegiatan war on drugs.

Baca juga: BNNP Sultra Tes Urine 59 Pegawai KKP

“Dengan penjabaran tugas dan fungsi, penggiat yang telah dibentuk ini diharapkan dapat turut giat berperan aktif dalam mengimplementasikan dan mengkampanyekan perang melawan narkoba (war on drugs) untuk menciptakan lingkungan/kelurahan bersinar,” ujarnya.

Sabaruddin juga mengajak penggiat agar dapat meningkatkan sinergitas dan optimalisasi kinerja dalam upaya P4GN untuk menyelamatkan dan melindungi bangsa Indonesia, khususnya lingkungan sekitar dari ancaman bahaya kejahatan narkotika.

“Kadang kala dunia ini kejam bukan karena banyaknya orang jahat tetapi karena diamnya orang baik, seperti peribahasa bahwa diam itu emas, tetapi di BNN justru sebaliknya bahwa diam itu celaka,” ucapnya.

Sementara Koordinator Bidang P2M BNNP Sultra sekaligus ketua panitia kegiatan, Harmawati menyampaikan dasar terbentuknya kegiatan workshop penggiat P4GN di lingkungan masyarakat yaitu berdasarkan deklarasi dan pengukuhan kelurahan bersih narkoba (Bersinar) se-Kota Kendari yang dikukuhkan oleh Wali Kota Kendari 5 Maret 2021.

Diharapkan para penggiat ini nantinya menjadi perpanjangan tangan BNNP Sultra untuk menyosialisasikan P4GN dengan semangat war on drugs.

Baca juga: Kota Kendari Jadi Pusat Pelaksanaan KKN Nusantara

Sekretaris Daerah Kota Kendari, Nahwa Umar, membawa materi mengenai kebijakan Pemerintah Kota Kendari dalam upaya P4GN.

"Mari kita wujudkan Kota Kendari bersih narkoba," katanya.

Selain itu, para penggiat juga diberikan presentase efektif oleh Trainer Speaking, Sudirman AR yang menjelaskan penyebab dan solusi menghadapi mindset nervous.

"Kemampuan berbicara di depan umum bukan melulu karena bakat tetapi juga karena keahlian yang dapat dipelajari oleh semua orang," tuturnya.

Untuk diketahui, sebanyak 34 peserta penggiat yang berasal dari bhabinsa, bhabinkamtibmas, ketua RT/RW, tokoh agama, PKK dan ketua karang taruna Kelurahan Sanua, Kadia, Sodohoa, Kambu, Korumba, Rahandouna, Baruga, dan Puuwatu. (A) Adv

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga