Bukan Putra Daerah, Pelantikan Kakanwil Kemenag Sultra Diprotes

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 18 Januari 2020
0 dilihat
Bukan Putra Daerah, Pelantikan Kakanwil Kemenag Sultra Diprotes
Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sultra yang telah dilantik, Fesal Musaad. Foto : Istimewa

" Kenapa harus orang luar, masih banyak putra daerah kita yang memiliki potensi yang tau situasi dan kondisi serta seluk beluk yang ada di Sultra. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pelantikan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dilaksanakan pada Jumat (17/1/2020) oleh Menteri Agama, mendapat Kritikan dari masyarakat dan mahasiswa Sultra.

Baca Juga: Uang di Rekening Raib, Nasabah BNI Meradang

Pasalnya, Kakanwil yang dilantik,  Fesal Musaad, berasal dari Provinsi Maluku. Menurut sebagian orang, hal tersebut sudah melenceng, karena banyak putra daerah yang memiliki potensi dan pantas untuk menduduki jabatan tersebut.

"Kenapa harus orang luar, masih banyak putra daerah kita yang memiliki potensi yang tau situasi dan kondisi serta seluk beluk yang ada di Sultra," ungkap warga Sultra, Agus, Sabtu (18/1/2020).

Hal selaraspun juga disampaikan oleh Ketua Senat Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Irhas Saputra. Dia
menduga ada permainan di balik terpilihnya Fesal Masaad sebagai Kakanwil.

"Saya menduga ada kongkalingkong di balik layar terpilihnya beliau. Entahlah mungkin karena Kakanwil-Kakanwil sebelumnya yang memiliki banyak persoalan sehingga putra daerah dianggap tidak layak lagi dan saya Irhas Saputra Ketua Senat IAIN Kendari akan mengusut tuntas dengan berbagai cara untuk mengungkap kebenarannya. Jika kita bicara soal kelayakan, prestasi dan lainnya, masih banyak putra daerah kita dan masih banyak orang di Sultra ini yang berkompeten untuk menduduki jabatan tersebut," beber Irhas Saputra.

Saat ini Kakanwil Kemenag Sultra yang baru dilantik kemarin, belum berada di bumi anoa dan dikabarkan akan mendarat di Sultra dalam waktu dekat ini.

Reporter: M1
Editor: Rani

Baca Juga