adplus-dvertising

Butuh 14 Poin Lagi, Joan Mir Juara MotoGP 2020

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Senin, 09 November 2020
1196 dilihat
Butuh 14 Poin Lagi, Joan Mir Juara MotoGP 2020
Joan Mir pembalap Suzuki. Foto: Repro okezone.com

" Sekarang kami harus lebih cerdas. Karena kami punya keuntungan yang bagus dalam hal perolehan poin, betul-betul bagus, namun semuanya belum selesai. "

MADRID, TELISIK.ID - Joan Mir hanya butuh tambahan 14 poin dari dua seri tersisa untuk bisa jadi juara dunia MotoGP 2020.

Dengan koleksi 162 poin dan memiliki keunggulan 37 angka atas Fabio Quartararo dan Alex Rins, Joan Mir hanya butuh tambahan maksimal 14 poin dari dua seri yang tersisa.

Dengan mengandaikan salah satu dari Quartararo atau Rins memenangkan dua seri tersisa, poin maksimal yang bisa didapat adalah 175 di akhir balapan MotoGP 2020.


Maka hal itu, tentu membuat Joan Mir hanya butuh tambahan 14 angka untuk memiliki nilai 176 poin alias tak lagi terjangkau oleh Quartararo atau Rins.

Catatan tersebut berarti Joan Mir sudah bisa jadi juara dunia MotoGP 2020 bila ia finis di posisi ketiga pada MotoGP Valencia minggu depan. Posisi ketiga di seri MotoGP mendapatkan ganjaran 16 poin.

Baca juga: Hasil Liga Inggris MU Vs Arsenal, The Gunners Menang Tipis

Meraih tambahan 14 poin dari dua seri tersisa sepertinya tidak akan jadi perkara sulit bagi Joan Mir yang enam kali meraih podium dalam tujuh seri terakhir.

Joan Mir bahkan sudah bisa jadi juara dunia MotoGP dengan finis di posisi kesembilan [yang berhadiah tujuh poin] di dua seri terakhir, MotoGP Valencia dan MotoGP Portugal.

Poin yang dibutuhkan oleh Joan Mir untuk jadi juara dunia juga bakal jauh berkurang bila Quartararo dan Rins tidak menjadi pemenang di MotoGP Valencia.

Pekan depan, Minggu (15/11/2020), seri MotoGP 2020 adalah MotoGP Valencia yang berlangsung di tempat yang sama, Ricardo Tormo.

Joan Mir bisa menjadi juara dunia bila ia mampu mempertahankan selisih minimal 26 poin pada klasemen MotoGP 2020 setelah MotoGP Valencia berakhir.

Baca juga: Jadwal Liga Champions: Gladbach Vs Madrid dan Juventus Vs Barcelona

Bila hal itu terjadi, selisih poin Joan Mir tidak akan bisa terkejar di seri terakhir, yaitu MotoGP Portugal.

Namun, Joan Mir enggan membusungkan dada. Rider 23 tahun itu sadar ia masih harus menuntaskan tugasnya, memastikan dirinya benar-benar tak sanggup dikejar siapapun di puncak.

"Sekarang kami harus lebih cerdas. Karena kami punya keuntungan yang bagus dalam hal perolehan poin, betul-betul bagus, namun semuanya belum selesai," kata Mir dalam jumpa pers seusai balapan, seperti disiarkan akun Twitter resmi MotoGP. Dilansir dari detik.com.

"Kami harus mendapatkan keuntungan poin ini dengan cara yang baik. Balapan selanjutnya akan sangat krusial, kami paham itu. Kami ada di posisi yang bagus karena motor kami melaju dengan baik," ucapnya

"Mungkin jika saya merasakan hal yang sama seperti hari ini, saya akan berjuang untuk meraih kemenangan juga. Namun jika yang terjadi sebaliknya, semoga sih tidak, ya kami akan melihat apa yang bisa saya lakukan. Saya selalu memberikan 100 persen dan nanti kami akan melihat dimana posisi kami," jelas Joan Mir, soal peluang menjadi juara MotoGP 2020. (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga