Copa America 2024: Luis Suarez Selamatkan Uruguay dari Kekalahan dan Rebut Tempat Ketiga

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 14 Juli 2024
0 dilihat
Copa America 2024: Luis Suarez Selamatkan Uruguay dari Kekalahan dan Rebut Tempat Ketiga
Kapten Uruguay, Luis Suarez, melakukan selebrasi usai menciptakan gol ke gawang Kanada dalam perebutan tempat ketiga Copa America 2024. Foto: Repro copaamerica.com

" Uruguay mengalahkan Kanada melalui adu penalti setelah bermain imbang 2-2 dalam pertandingan playoff tempat ketiga Copa America 2024 di Stadion Bank of America di Charlotte, North Carolina, Minggu (14/7/2024) pagi WIB "

NORTH CAROLINA, TELISIK.ID - Uruguay mengalahkan Kanada melalui adu penalti setelah bermain imbang 2-2 dalam pertandingan playoff tempat ketiga Copa America 2024 di Stadion Bank of America di Charlotte, North Carolina, Minggu (14/7/2024) pagi WIB.

Uruguay memenangkan perebutan tempat ketiga lewat adu penalti 4-3 usai dua eksekutor penalti Kanada gagal menembus gawang Sergio Rochet.

Pemain Kanada, Ismaël Koné, tendangannya lemah sehingga mudah digagalkan oleh Rochet, sedangkan eksekutor terakhir Alphonso Davies tendangannya masih membentur mistar gawang.

Federico Valverde, Rodrigo Bentancur, Giorgian de Arrascaeta, dan Luis Suárez mengkonversi tendangannya menjadi gol ke gawang Kanada yang dikawal Dayne St. Clair.

Sementara tiga gol Kanada di babak adu penalti dihasilkan oleh Jonathan David, Moïse Bombito, dan Mathieu Choinière.

Di babak pertama, Rodrigo Bentancur berputar dan melepaskan tendangan keras ke sudut gawang untuk memberi Uruguay keunggulan pada menit ke-8. Namun, Kone mencetak gol balasan dengan tendangan gunting akrobatik untuk menyamakan skor 14 menit kemudian.

Baca Juga: Copa America 2024: Kanada Bidik Sejarah Berebut Tempat Ketiga vs Uruguay

Kanada unggul pada menit ke-80 ketika Kone melepaskan tembakan jarak jauh dari ruang sempit yang sempat diblok Rochet, sebelum Jonathan David memanfaatkan bola rebound untuk mencetak gol.

Uruguay menyamakan kedudukan melalui pencetak gol terbanyak sepanjang masa Luis Suárez pada menit ke-92 yang memaksa dilakukan adu penalti.

Suarez mencetak gol lewat umpan silang dari José María Giménez dan ini merupakan gol internasionalnya yang ke-69.

Pertandingan perebutan tempat ketiga itu dimainkan di stadion yang sama ketika para pemain Uruguay memasuki tribun lalu bentrok dengan suporter Kolombia usai kekalahan 0-1 di semifinal pada Kamis (11/7/2024) pagi WIB lalu.

Saat perebutan tempat ketiga, pertandingan ini jauh lebih tenang dibanding semifinal yang panas. Jumlah suporter yang hadir di stadion kali ini adalah 24.386 orang, lebih sedikit dibanding dari 70.000 orang saat Uruguay berhadapan Kolombia.

Kanada, yang dilatih Jesse Marsch asal Amerika Serikat sejak Mei 2024, menganggap turnamen ini sebagai salah satu penampilan terbaik mereka sejak memenangkan Piala Emas Concacaf 2000. Kanada mencapai Piala Dunia untuk kedua kalinya pada 2022, sementara yang pertama pada 1986.

Selanjutnya partai final Copa America 2024 pada Senin (15/7/2024) pagi pukul 07:00 WIB, juara bertahan Argentina menghadapi Kolombia di Stadion Hard Rock di Miami Gardens, Florida, untuk menentukan gelar kontinental.

Argentina dan Uruguay sama-sama mengoleksi gelar Copa America terbanyak dengan masing-masing 15 gelar.

Baca Juga: Final Copa America 2024 Pertarungan Kapten Legendaris Lionel Messi dan James Rodriguez

Susunan pemain

Kanada: Dayne St. Clair; Alistair Johnson, Moise Bombito, Luc De Fougerolles, Richie Larya; Jonathan Osorio, Ismael Kone, Mathieu Choiniere, Ali Ahmed, Jacob Shaffelburg; Tani Oluwaseyi.

Kartu kuning: De Fougerolles, Oluwaseyi, Kone

Pelatih: Jesse Marsch.

Uruguay: Sergio Rochet; Nahitan Nandez, Sebastian Caceres, Jose Maria Gimenez, Matias Vina; Manuel Ugarte, Federico Valverde, Rodrigo Betancur; Facundo Pellistri, Maximiliano Araujo, Darwin Nunez.

Kartu kuning: Vina, Betancur

Pelatih: Marcelo Bielsa.

Pemain Terbaik Pertandingan Michelob ULTRA: Luis Suarez (Uruguay)

Wasit: Alexis Herrera (Venezuela). (C)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga