Daftar Jurusan Kuliah dengan Biaya Termurah, Mulai Rp 500 Ribuan

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 07 Agustus 2023
0 dilihat
Daftar Jurusan Kuliah dengan Biaya Termurah, Mulai Rp 500 Ribuan
Jurusan dengan biaya kuliah yang murah bukan berarti kualitas pendidikannya buruk. Foto: Repro Banksinarmas.com

" Beberapa jurusan kuliah dengan biaya paling murah tersedia di kampus terbaik Indonesia versi QS World University Rankings atau QS WUR 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Memilih jurusan di perguruan tinggi bukan hanya dengan pertimbangan kemampuan dan rencana masa depan, tapi juga biaya. Jurusan kuliah dengan biaya terjangkau, biasanya lebih diminati.

Dilansir dari Palpre.disway.id, jurusan kuliah dengan biaya paling murah di PTN terbaik Indonesia versi QS WUR 2024 bisa menjadi pilihan di dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Meski biaya jurusan kuliah ini tergolong murah, bukan berarti kualitas pendidikannya buruk. Sebab, beberapa jurusan kuliah dengan biaya paling murah ini tersedia di kampus terbaik Indonesia versi QS World University Rankings atau QS WUR 2024.

Dikutip dari Edukasi.sindonews.com, berikut jurusan kuliah dengan biaya paling murah di perguruan tinggi.

1. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan Ilmu Perpustakaan termasuk jurusan paling murah yang mana di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang pengelolaan perpustakaan pengarsipan dan masih banyak lagi.

Beberapa dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia menawarkan jurusan kuliah dengan biaya yang murah di antaranya Universitas Diponegoro dan Universitas Brawijaya. Biaya kuliah utuk jurusan Ilmu Perpustakaan di Universitas Diponegoro per semester mulai dari Rp 500 ribuan.

2. Jurusan Pendidikan Olahraga

Selanjutnya Jurusan Pendidikan Olahraga. Di jurusan ini kamu akan mempelajari pengetahuan tentang pendidikan keolahragaan seperti aturan, fungsi olahraga, hingga teknik pengajaran dan masih banyak lagi.

Di antaranya perguruan tinggi yang menawarkan dengan jurusan kuliah paling murah yakni Universitas Pendidikan Indonesia dengan biaya kuliah per semester mulai dari Rp 500 ribu.

3. Jurusan Ilmu Sejarah

Jurusan ilmu sejarah mempelajari segala aspek yang terkait dengan sejarah, misalnya dalam bidang sosial, politik, budaya, hingga militer. Penyuka sejarah akan sangat cocok berkuliah di jurusan ini.

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah yang Buat Mahasiswa Menyesal Setelah Lulus

Universitas Negeri Semarang adalah salah satu kampus yang memiliki jurusan ilmu sejarah. Uang kuliahnya mulai dari Rp 500 ribu.

4. Jurusan Agribisnis

Jurusan Agribisnis atau dikenal juga dengan Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, menghasilkan lulusan yang mampu mengkaji dan mengembangkan sumber daya alam sehingga dapat menghasilkan produk yang bernilai ekonomi dan bermanfaat bagi manusia.

Universitas Gadjah Mada memiliki jurusan ini dengan nama Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. Biaya kuliah per semester mulai dari Rp 500 ribu.

5. Jurusan Teknologi Industri Pertanian

Lulusan Jurusan Teknik Industri Pertanian diharapkan mampu melakukan penelitian yang dapat memberi solusi bagi pengelolaan kegiatan pertanian agar dapat meningkatkan hasil produksinya.

Ilmu yang diperoleh di jurusan ini bukan hanya terkait pertanian, tetapi juga teknologinya. Salah satu kampus yang memiliki jurusan ini adalah Universitas Padjadjaran, dengan uang kuliah mulai dari Rp 500 ribu.

6. Jurusan Teknik Pengairan

Jurusan Teknik Pengairan menghasilkan ahli di bidang pengairan. Jurusan ini termasuk langka karena hanya terdapat di dua kampus, yakni Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung.

Ilmu yang dipelajari pada jurusan ini diterapkan misalnya untuk perencanaan sistem jaringan irigasi dan perencanaan pembangkit tenaga listrik. Jurusan Teknik Pengairan Universitas Brawijaya menetapkan uang kuliah mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 7 juta.

7. Jurusan Akuakultur

Jurusan Akuakultur atau budidaya perairan mempelajari segala sesuatu terkait budidaya ikan, baik di air tawar maupun di air laut. Memang mirip dengan budi daya perikanan, tetapi jurusan ini lingkupnya lebih kompleks karena mempelajari pula mengenai kelestarian lingkungan.

Baca Juga: 8 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dapat Gaji Tinggi, Sampai Rp 1 Miliar

Universitas Jenderal Soedirman adalah salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini, dengan uang kuliah mulai dari Rp 500 ribu.

8. Jurusan Teknologi Bioproses

Jurusan Teknologi Bioproses adalah jurusan yang mempelajari pemanfaatan mikroorganisme (biomassa) untuk proses dalam skala industri yang menghasilkan keuntungan.

Mata kuliah yang diberikan di jurusan ini juga ada yang terkait dengan ilmu kimia, karena jurusan ini pada dasarnya menggabungkan ilmu bioteknologi dan teknik kimia. Universitas Indonesia memiliki jurusan teknologi bioproses dengan biaya antara Rp 500 ribu-Rp 7,5 juta per semester.

9. Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan

Mahasiswa pada Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan akan mempelajari mengenai pengolahan ikan dalam level industri, termasuk pula aspek yang terkait pembangunan dan pengembangan industri perikanan.

Universitas Brawijaya dan Universitas Gadjah Mada adalah kampus yang memiliki jurusan ini. Setiap semester, uang kuliah jurusan ini di Universitas Brawijaya dan UGM mulai dari Rp 500 ribu.

10. Jurusan Akuntansi Keuangan Publik

Akuntansi yang terkait dengan instansi publik adalah fokus ilmu dalam Jurusan Akuntansi Keuangan Publik. Instansi publik di sini adalah organisasi pemerintahan, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini adalah Universitas Terbuka dengan biaya per semester Rp 1,3 juta. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga