Dapat Uang Walau Tak Kerja, Negara Ini Gaji Pengangguran Tiap Bulan Rp 8,4 Juta

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 04 Mei 2023
0 dilihat
Dapat Uang Walau Tak Kerja, Negara Ini Gaji Pengangguran Tiap Bulan Rp 8,4 Juta
Tak mudah untuk bisa mendapatkan gaji bagi pengangguran di Finlandia. Ada banyak syarat yang harus dipenuhi, seperti mendaftar sebagai pengangguran Foto: Repro Tribunnews

" Pengangguran di Finlandia digaji Rp 8,4 juta tiap bulan. Padahal mereka tak melakukan pekerjaan apapun "

HELSINKI, TELISIK.ID - Pengangguran di Finlandia digaji Rp 8,4 juta tiap bulan. Padahal mereka tak melakukan pekerjaan apapun. Meski begitu, tak mudah untuk bisa mendapatkan gaji bagi pengangguran.

Ada banyak syarat yang harus dipenuhi, seperti mendaftar sebagai pengangguran. Melansir Merdeka.com, Pemerintahan Finlandia melakukan eksperimen ini demi harapan memberikan insentif agar mereka mau bekerja.

Ide ini disebut Universal Basic Income yang memberikan gaji dasar bagi para warga negara. Bill Gates dan Mark Zuckerberg juga mendukung program seperti ini.

Eksperimen gaji berjalan selama dua tahun dan di tahun pertama, para partisipan mengalami peningkatan positif kebahagian dan stres. Tetapi, mereka tetap saja menganggur.

Baca Juga: Ternyata Ada Negara yang Gaji Pengangguran Rp 9 Juta per Bulan, Berminat?

"Basic income tampak memberi efek positif pada kesejahteraan penerimanya, meski dalam jangka pendek tidak menolong prospek kerja orang itu," ujar peneliti Minna Ylikanno dari Social Insurance Institution of Finland dilansir dari Liputan6.com.

Pendukung program gaji itu menyebut, pemberian gaji bisa mendorong seseorang memulai bisnis dan agar seseorang berani mencoba pekerjaan baru tanpa perlu takut kehilangan bantuan pengangguran atau repot-repot mendaftar lagi. Namun, program ini dikritik karena program ini tak praktis, kemahalan, dan menghalau orang mencari kerja.

Baca Juga: Pria Pengangguran 41 Tahun Ini Gugat Orang Tuanya Minta Dinafkahi Seumur Hidup, Beban Keluarga

Program basic income ini berbeda dari program bantuan pengangguran. Sebelum ada program ini, pengangguran di Finlandia takut mengambil pekerjaan kecil-kecilan karena khawatir kehilangan bantuan pengangguran.

Angka pengangguran di Finlandia berjumlah 5,4 persen. Program gaji ini pun masih terus berjalan agar mendapat hasil keseluruhan. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga