Di Hadapan Warga, PKS Tegaskan RUU HIP Harus Dihapus dari Prolegnas

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Minggu, 19 Juli 2020
0 dilihat
Di Hadapan Warga, PKS Tegaskan RUU HIP Harus Dihapus dari Prolegnas
Aboe Bakar Alhabsyi, Anggota MPR RI. Foto: Ist.

" Sejak awal RUU ini menjadi polemik, sikap Fraksi PKS tegas, yakni menolak kehadiran RUU tersebut. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Anggota MPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan, aspirasi masyarakat yang menolak Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) sangat kuat, karenanya Fraksi PKS terus menyuarakan agar RUU tersebut didrop dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020.

“Sejak awal RUU ini menjadi polemik, sikap Fraksi PKS tegas, yakni menolak kehadiran RUU tersebut,” kata Aboe Bakar Alhabsyi saat menjawab pertanyaan peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Sabtu (18/7/2020).

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI itu menyampaikan, lembaga legislatif seperti DPR merupakan lembaga perwakilan yang memiliki fungsi menyambung aspirasi masyarakat. Karena itu, F-PKS sebagai wakil rakyat sudah menjadi keharusan untuk mendengarkan dan memperjuangkan aspirasi rakyat.

“Jika rakyat sudah menyampaikan aspirasi penolakan melalui ormas, organisasi kepemudaan, organisasi kemahasiswaan dan lain sebagainya, tentunya kita harus mendengarkannya. Fraksi PKS selama ini berkomitmen untuk selalu memperjuangkan aspirasi rakyat, termasuk dalam isu RUU HIP ini,” terang politisi yang akrab disapa Habib Alhabsyi itu.

Baca juga: Sandi Harap Prabowo Mampu Tingkatkan Produksi Pangan Nasional

Lanjut Habib Alhabsyi, aspirasi penolakan itu sangat deras karenanya tidak dapat diabaikan. Dan Fraksi PKS sudah terima aspirasi masyarakat yang langsung datang ke DPR.

"Banyak sekali aksi-aksi di daerah yang juga digelar untuk menolak RUU HIP ini, termasuk juga sebelumnya ada sikap dari MUI, Muhammadiyah, NU, Persis dan lain sebagainya, tentunya itu semua tidak bisa diabaikan," papar Anggota Komisi III DPR RI itu.

Habib Alhabsyi menjelaskan kalau dirinya sudah pernah menyampaikan secara langsung saat Paripurna DPR RI, agar RUU HIP didrop dari pembahasan. Karena penolakan ini sudah menjadi aspirasi publik yang sangat kuat, dan tentunya sebagai wakil rakyat tidak boleh tutup mata.

"Maka dari itu, saya mengajak Pimpinan DPR dan pemerintah agar duduk bersama mendengarkan masukan rakyat agar tidak lagi melanjutkan pembahasan RUU HIP ini," pungkasnya.

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga