Dinsos Muna Belum Terima Data Pedagang Penerima Bantuan Uang Tunai

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 29 Juli 2020
0 dilihat
Dinsos Muna Belum Terima Data Pedagang Penerima Bantuan Uang Tunai
Kadinsos Muna, La Kore. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pencairannya lewat rekening masing-masing pedagang. "

MUNA, TELISIK.ID - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muna hingga kini belum juga menerima data pedagang korban kebakaran di Pasar Laino.

Padahal dengan masuknya data tersebut, para pedagang bisa mendapatkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 5 Juta per orang.

"Data penerimanya belum masuk. Makanya, untuk pencairan bantuannya belum bisa diproses," kata Kadinsos Muna, La Kore, Rabu (29/7/2020).

Menurut La Kore, data jumlah korban kebakaran itu diverifikasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Dinsos tinggal memproses pembuatan surat keputusan (SK) bupati untuk diusulkan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk pencairannya.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Terjadi Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Penyebrangan Torobulu-Tampo

"Pencairannya lewat rekening masing-masing pedagang," sebutnya.

Dana yang disiapkan Pemkab untuk pedagang korban kebakaran sebesar Rp 2 Miliar yang bersumber dari Biaya Tak Terduga (BTT). Dana itu bisa cair, bila administrasinya telah lengkap.  

Disperindag sendiri sudah melakukan pendataan para korban kebakaran. Proyeksi awal korban kebakaran hanya sekitar 400 orang, tiba-tiba bertambah menjadi 420 orang setelah proses verifikasi. Tentunya, dengan dana yang tersedia sebesar Rp 2 Miliar, tidak akan cukup. Makanya, Disperindag kembali mengajukan tambahan anggaran sebesar Rp 100 Juta lagi.

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga