DPRD Sulawesi Tenggara Gagas Dewan Pelajar Wujudkan Pemilu Damai, Kritis dan Berintegritas

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 21 November 2023
0 dilihat
DPRD Sulawesi Tenggara Gagas Dewan Pelajar Wujudkan Pemilu Damai, Kritis dan Berintegritas
DPRD Sulawesi Tenggara menggagas Dewan Pelajar untuk mewujudkan pemilu damai, kritis dan berintegritas. Foto: Ist.

" Guna memberi pemahaman politik kepada generasi muda, DPRD Sulawesi Tenggara menggagas Dewan Pelajar 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna memberi pemahaman politik kepada generasi muda, DPRD Sulawesi Tenggara menggagas Dewan Pelajar 2023.

Dewan Pelajar diikuti 34 pelajar tingkat SMA sederajat yang berasal dari 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, untuk mewujudkan pemilu damai, kritis, dan berintegritas.

Dalam kegiatan tersebut, para pelajar mengenakan pakaian adat yang berasal dari daerah masing-masing, sehingga kegiatan Dewan Pelajar ini juga sekaligus sebagai ajang promosi kebudayaan daerah.

Adapun yang turut hadir dalam kegiatan ini yakni Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto sekaligus membuka kegiatan Dewan Pelajar 2023, Ketua dan Anggota DPRD Sulawesi Tenggara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Staf Ahli Pemerintahan, dan Kasatpol PP.

Baca Juga: UMP Sulawesi Tenggara Naik di Tahun 2024, Ini Besarannya

Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh mengatakan, Dewan Pelajar ini pertama kalinya diadakan di Sulawesi Tenggara melalui seleksi setiap sekolah, baik daerah terpencil maupun yang ada di perkotaan untuk mewakili daerahnya.

Dewan Pelajar ini merupakan sebuah pembelajaran politik bagi generasi muda, khususnya pelajar tingkat SMA sederajat, Agar dapat memahami proses politik di daerah masing-masing, sehingga stigma negatif tentang dunia politik dapat hilang dari pikiran para pelajar.

"Kegiatan ini terinspirasi dari Dewan Pelajar Nasional yang diikuti 34 provinsi, di mana saat itu Sulawesi Tenggara diwakili oleh MAN IC Kendari dan SMAN 1 Ranoomeeto," kata Abdurrahman Shaleh, Selasa (21/11/2023).

Kata dia, pihaknya memilih dua terbaik dari setiap kabupaten dan kota berdasarkan beberapa aspek seperti pengalaman berorganisasi, kemampuan publik speaking dan sebagainya.

Selain itu, Dewan Pelajar ini juga tidak hanya sebagai wadah pembelajaran politik, tetapi juga ajang untuk memperkuat jati diri dan keberagaman budaya di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: DPRD Minta Pemkot Kendari Gunakan APBD Secara Efisien dan Konsisten

“Melalui kegiatan ini, diharap akan generasi muda dapat tumbuh sebagai pemimpin yang berkualitas dan memiliki pemahaman mendalam tentang pentingnya partisipasi dalam proses politik yang damai, kritis, dan berintegritas,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto dalam kegiatan ini selain membuka kegiatan, juga memberikan beberapa materi terkait pendidikan politik.

Selain itu, Andap juga menekankan kepada para pelajar betapa pentingnya untuk berani mengemukakan pendapat.

“Para pelajar yang menjadi perwakilan tiap daerah ini, harapannya nanti dapat memberikan informasi terkait politik dan demokrasi yang didapat dalam kegiatan Dewan Pelajar ini kepada para pelajar lainnya yang berada di daerah masing-masing, sehingga dapat mewujudkan pemilu 2024 yang damai,” jelasnya. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga