Dua TPS di Kota Baubau Disiapkan Bagi Warga Binaan Saat Pemilu

Elfinasari, telisik indonesia
Jumat, 26 Januari 2024
0 dilihat
Dua TPS di Kota Baubau Disiapkan Bagi Warga Binaan Saat Pemilu
Bimbingan teknis yang dilaksanakan di Loksus Lapas Kota Baubau. Foto: Ist.

" Menyongsong pesta demokrasi, dua tempat pemungutan suara (TPS) disiapkan khusus bagi warga binaan agar dapat menyalurkan hak suara pada Pemilu 2024 "

BAUBAU, TELISIK.ID - Menyongsong pesta demokrasi, dua tempat pemungutan suara (TPS) disiapkan khusus bagi warga binaan agar dapat menyalurkan hak suara pada Pemilu 2024.

Kepala Lapas Kelas II A Baubau, Herman Mulawarman, mengumumkan bahwa kedua TPS khusus tersebut akan berlokasi di halaman lapas.

"Menjelang pesta demokrasi, Lapas telah menyiapkan dua TPS, dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Lapas Baubau mencapai 398 orang," ungkapnya, Jum’at (26/1/2024) sore.

Selain itu, kata dia, pihak Lapas sedang mengusulkan penambahan daftar pemilih tambahan (DPTb) kepada KPU.

Baca Juga: Ribuan Anggota KPPS Kota Baubau Dilantik, KPU Tekankan Profesionalitas

"Kami berkoordinasi dengan KPU agar warga binaan dapat menyalurkan hak suara mereka, dan kami yakin semua telah memenuhi syarat yang diperlukan,” tuturnya.

Mengenai petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), Mulawarman menjelaskan, mereka berasal dari pegawai lapas. Terkait netralitas pegawai ASN di Lapas Baubau, ia menyatakan bahwa sebagai Kalapas, pihaknya selalu mensosialisasikan agar tidak memaksakan pilihan kepada warga binaan karena telah bersumpah untuk tetap netral.

"Kami menegaskan adanya sanksi berat bagi mereka yang melanggar aturan yang telah ditetapkan," tegasnya.

Ia juga menekankan, dalam proses pemilihan Lapas akan berkomunikasi dengan aparat penegak hukum seperti Kepolisian, TNI, Sat Pol PP, dan Bawaslu untuk mengawal pelaksanaan pesta demokrasi di Lapas.

"Pemilihan akan dilakukan dengan sistem pemanggilan satu persatu dengan pengawalan khusus bagi warga binaan, dan pastinya, petugas TPS akan hadir di setiap TPS yang disiapkan dengan pengawasan dari awal hingga akhir kegiatan," tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa hari ini juga telah berlangsung Bimtek khusus KPPS yang berada di Lapas Kota Baubau.

Sementara itu, PPK Kecamatan Wolio, Rahma menjelaskan, Lapas termasuk dalam Lingkungan Khusus (Loksus) dan telah meminta simulasi dalam proses penghitungan dan pemungutan suara.

"Untuk saat ini bimtek Sirekap belum waktunya, baru sistem pungut hitung nanti setelah ini akan ada bimtek susulan,” ucapnya Jumat, (26/1/2024) sore.

Ia menuturkan, karena Lapas ini berada di Kelurahan Tomba dan terdapat 11 TPS jadi dibagi 3 sesi.

Baca Juga: Simulasi Pemilu, Ini Masukan Bawaslu Saat Hari Pencoblosan di Baubau

“Hari ini di Loksus yaitu lapas yang terdiri dari 2 TPS yaitu TPS 901 dan 902,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, Loksus ini hanya ada di dua kecamatan yaitu Kecamatan Wolio yaitu Lapas itu sendiri dan Kecamatan Bungi dalam hal ini pesantren.

“Bimtek diadakan serentak, juga di kelurahan lain di Kota Baubau,” ucapnya.

Pengadministrasi Umum Lapas Kelas II A Kota Baubau, Syafrin menjelaskan, TPS di Lapas itu masuk dalam Kecamatan Wolio Kelurahan Tomba dan dua TPS itu yaitu TPS 901 dan TPS 902.

“Bimteknya tadi dimulai sekitar jam 8.00 Wita dan selesai sekitar pukul 16.30 sore,” tuturnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga