Esemka Bakal Hadir di IIMS 2023, Ini Koleksi Unitnya yang Akan Dipasarkan

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 15 Februari 2023
0 dilihat
Esemka Bakal Hadir di IIMS 2023, Ini Koleksi Unitnya yang Akan Dipasarkan
Suasana pameran IIMS yang memghadirkan kendaraan Esemka. Foto: Motor1.com

" Esemka kembali jadi perhatian setelah pihaknya mengonfirmasi akan jadi bagian dari pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, yang akan digelar 16-26 Februari "

JAKARTA, TELISIK.ID - Esemka kembali jadi perhatian setelah pihaknya mengonfirmasi akan jadi bagian dari pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, yang akan digelar 16-26 Februari.

Dilansir dari Otomotif.okezone.com, kabarnya Esemka akan membawa mobil listrik yang diyakini berasal dari China. Esemka merupakan sebuah merek anak bangsa yang diawali dari hasil karya siswa SMK di Solo, Jawa Tengah.

Produk pertama yang mereka luncurkan adalah mobil pikap dengan nama Bima di Boyolali, Jawa Tengah. Namun, setelah itu nama Esemka seperti hilang ditelan bumi, terlebih saat pandemi COVID-19 menghantam Indonesia.

Baca Juga: Bulan Depan Mobil Baru Dapat Diskon Pajak 0 Persen, Begini Kriterianya

Tetapi, mereka kini kembali ramai dibicarakan usai memastikan diri hadir di IIMS 2023. Sejak diresmikan pada 2019 lalu, Esemka baru menjajakan satu mobil, yakni Bima dengan jenis pikap. Sebenarnya, mereka memiliki beberapa jenis mobil lainnya yang siap meramaikan industri otomotif Indonesia.

Lantas apa saja model yang dimiliki Esemka untuk bersaing di ketatnya industri otomotif Tanah Air? Berikut daftar 5 jenis mobil dari pabrikan dalam negeri tersebut yang siap dipasarkan di Indonesia:

1. Esemka Bima

Sejak awal kehadirannya, mobil pikap satu ini memang selalu menjadi kebanggaan, bahkan sempat dijajal oleh Presiden RI Joko Widodo. PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) meluncurkan dua model untuk produk ini, yakni Bima 1.2 dan Bima 1.3.

Esemka Bima 1.2 menggunakan mesin 1.2L E-power I4 DOHC kapasitas 1.243 cc yang bisa menyemburkan tenaga 96,5 hp dan torsi puncak 119 Nm. Secara dimensi mobil ini memiliki ukuran panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm.

Sedangkan Esemka Bima 1.3 dibekali mesin 1.3L DOHC 16G berkapasitas 1.298 cc. Itu dapat mengeluarkan tenaga 84,4 hp dan torsi 105 Nm. Mobil ini memiliki panjang 4.930 mm, tinggi 1.995 dan lebar 1.720 mm.

Untuk harga, Esemka Bima 1.2 dibanderol Rp95 juta, dan Bima 1.3 dijual seharga Rp150 juta dengan semuanya berstatus on the road (OTR) Jakarta.

2. Esemka Rajawali

Mobil ini sempat digadang-gadang menjadi penantang Toyota Fortuner dan sempat dijadikan mobil dinas oleh Jokowi saat menjabat sebagai Walikota Solo. Model satu ini mengusung konsep SUV yang membuatnya terlihat gagah.

Namun, dari depan Esemka Rajawali terlihat sangat mitip dengan Honda CR-V generasi kedua atau biasa disebut “bulldog”. Namun, mobil ini belum sempat dijual ke publik karena masih dalam tahap penyempurnaan.

Kini, muncul generasi penerusnya, yakni Rajawali R2 yang kabarnya dibanderol sekitar Rp 140 jutaan. Mobil ini terlihat lebih gagah dan memiliki bodi yang lebih besar dibandingkan pendahulunya.

3. Esemka Digdaya

Mobil Esemka Digdaya dapat diandalkan sebagai kendaraan niaga dan juga keluarga karena mengusung konsep pikap double cabin. Itu berarti, mobil ini bisa menampung 3 sampai 4 orang penumpang termasuk supir.

Harga mobil Esemka Digdaya juga relatif murah, dan telah dibekali dengan dapur pacu yang cukup mumpuni. Untuk itu, kualitas performa yang dihasilkan juga lumayan. Esemka Digdaya ini dikabarkan memakai mesin diesel dengan kapasitas 2.000 cc 4×2 yang mampu memuntahkan tenaga 134 Hp pada 4.000 rpm dan torsi puncak 300 Nm pada 2.000 rpm yang dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Fitur keselamatan juga telah disematkan pada Esemka Digdaya seperti ABS+EBD. Mobil ini diprakirakan dibanderol dengan harga Rp 300 jutaan.

Dikutip dari Oto.detik.com, saat ini, Esemka telah sepenuhnya menjadi bisnis swasta yang dipegang perusahaan asal Boyolali, Jawa Tengah, yakni PT Solo Manufaktur Kreasi. Namun, perjalanan mereka tak bisa terlepas dari politik dan Jokowi.

Sebelum menjabat sebagai presiden, Jokowi acap 'mempromosikan' mobil Esemka. Bahkan, saat peresmian pabrik dan pengenalan produk pertama, orang nomor satu di Indonesia itu turut hadir.

Baca Juga: Relaksasi Pajak Tingkatkan Penjualan Otomotif Hingga 190 Persen

Saat Jokowi ikut Pilkada DKI Jakarta 2012, mobil ini sempat digunakan dalam perjalanan dari Solo ke Jakarta. Namun, pamor Esemka sempat tenggelam ketika Jokowi terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta (2012-2014). Meski begitu Esemka meroket lagi saat Jokowi mengadakan kampanye Pilpres 2014.

Perusahaan bernama Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) yang merupakan gabungan dari Solo Manufaktur Kreasi (SMK) dan Adiperkasa Citra Lestari (ACL) kemudian membangun pabrik Esemka di Boyolali pada 2017. Namun, kendaraan pertama baru diluncurkan pada 2019.

Meski nyaris empat tahun meramaikan pasar roda empat Indonesia, namun hingga sekarang, Esemka belum kunjung mendaftarkan diri sebagai anggota Gaikindo. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

Baca Juga