Fitur Antrean Online di Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan untuk Masyarakat

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 31 Juli 2024
0 dilihat
Fitur Antrean Online di Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan untuk Masyarakat
Sejumlah fitur dalam aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan yang dapat memudahkan pengguna untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah menghadirkan fitur antrean online melalui aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah menghadirkan fitur antrean online melalui aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan.

Fitur ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan kemudahan, melainkan juga merupakan langkah revolusioner dalam penyediaan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan lebih cepat bagi masyarakat.

Mobile JKN adalah salah satu aplikasi yang dipersembahkan BPJS Kesehatan Indonesia. Aplikasi ini telah diciptakan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan mereka, dimanapun dan kapanpun, hanya dengan menggunakan koneksi internet.

Aisyah (39), seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Kendari, merasakan manfaat besar dari fitur antrean online di salah satu rumah sakit swasta di Kota Kendari.

Dengan adanya layanan ini, Aisyah tidak perlu menunggu lama di rumah sakit dan kepastian mendapatkan layanan juga dapat diketahui sejak awal.

Aisyah yang melakukan pengobatan ke Rumah Sakit Aliyah III untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gigi merasa sangat terbantu dengan kemudahan yang diberikan oleh antrean online pada Aplikasi Mobile JKN.

"Dengan antrean online di Aplikasi Mobile JKN, kita tidak perlu lagi membawa Kartu JKN dan rujukan, semua sudah dalam genggaman," ujar Aisyah.

Baca Juga: Perluas Akses Layanan, BPJS Kesehatan Kini Hadir di MPP Kota Kendari

Aisyah juga menuturkan bahwa saat pendaftaran administrasi, dirinya hanya perlu menunjukkan Aplikasi Mobile JKN dan semua proses bisa langsung dilayani.

"Prosesnya sangat efisien. Saya tidak perlu lagi mengantre lama untuk mendapatkan layanan kesehatan yang saya butuhkan," tambahnya.

Di Rumah Sakit Aliyah III, Aisyah mengungkapkan rasa terima kasihnya atas pelayanan yang diberikan. Menurut Aisyah, layanan yang cepat dan ramah sangat penting bagi pasien.

Selain itu, Aisyah menceritakan pengalamannya menggunakan Aplikasi Mobile JKN saat hendak memindahkan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

"Semula saya bersama keluarga terdaftar di Puskesmas Benu-benua dekat dengan rumah orang tua saya, namun setelah menikah kami tinggal di Lepo-Lepo sehingga saya memindahkan puskesmas saya ke Puskesmas Lepo-Lepo dan semua bisa saya lakukan serta perubahan data kepesertaan JKN hanya melalui Aplikasi Mobile JKN," ungkap Aisyah.

Pengalaman tersebut menunjukkan betapa fleksibelnya Aplikasi Mobile JKN dalam membantu peserta JKN mengelola kebutuhan kesehatannya. Aisyah menekankan betapa mudahnya melakukan perubahan data tanpa perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan.

"Ini sangat membantu bagi saya yang memiliki kesibukan sebagai ASN. Semua bisa dilakukan dari rumah atau kantor," ujarnya.

Aisyah juga menyoroti kemudahan dalam melakukan perubahan data, Aisyah juga menyebutkan beberapa fitur lain yang sangat membantu dalam Aplikasi Mobile JKN.

Aisyah menambahkan, aplikasi ini juga memungkinkan untuk mengecek informasi tagihan dan pembayaran iuran JKN. Sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan atau bank untuk membayar iuran, semuanya bisa dilakukan secara online.

Aisyah berharap pelayanan yang telah diberikan oleh Rumah Sakit Aliyah III tetap konsisten kepada seluruh peserta JKN yang mengakses layanan kesehatan di rumah sakit tersebut.

"Saya berharap semoga pelayanan yang saya terima hari ini bisa konsisten diberikan kepada peserta JKN yang ke rumah sakit ini. Saya merasa pelayanan yang saya terima ini sudah sangat baik, mulai dari pelayanan awal pendaftaran hingga di pelayanan pengambilan obatnya," ungkapnya.

Di akhir perbincangan, Aisyah inginkan Program JKN ini terus memberikan inovasi-inovasi terbaiknya untuk kemudahan bagi peserta JKN.

"Semoga inovasi-inovasi yang dikeluarkan dapat membantu peserta JKN untuk lebih mudah mendapatkan akses layanan kesehatan serta pengurusan terkait dengan kepesertaan JKN,” ungkapnya.

Baca Juga: 7 Alat Kesehatan Gratis, Kacamata dan Alat Bantu Dengar hingga Gigi Palsu Ditanggung BPJS

Aisyah merasa optimis dengan masa depan layanan kesehatan di Indonesia. Dengan hadirnya berbagai inovasi seperti Aplikasi Mobile JKN, ia yakin bahwa akses terhadap layanan kesehatan akan semakin mudah dan efisien.

"Saya merasa sangat terbantu dan berharap semakin banyak peserta JKN yang merasakan manfaat dari aplikasi ini," tutupnya.

Melansir dari https://jknmobile.com/ Aplikasi JKN Mobile menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam Cek Status Kepesertaan: Peserta dapat memeriksa status kepesertaannya langsung dari aplikasi.

Dan Pencarian Rumah Sakit: Fitur pencarian rumah sakit membantu peserta menemukan fasilitas kesehatan terdekat, serta dapat melakukan Pendaftaran Online: Peserta dapat mendaftar secara online untuk mendapatkan layanan kesehatannya.

Menggunakan aplikasi mobile untuk akses layanan kesehatan tentunya memberikan banyak kemudahan. Beberapa keuntungan menggunakan aplikasi JKN Mobile antara lain:

Kemudahan Akses

Dengan smartphone di tangan, Anda bisa mengakses berbagai informasi dan layanan kapan saja dan di mana saja.

Efisiensi Waktu

Tidak perlu lagi antri panjang atau datang langsung ke kantor BPJS atau rumah sakit hanya untuk cek status atau mendaftar layanan.

Informasi Real-Time

Semua data di aplikasi selalu diperbarui secara real-time sehingga Anda selalu mendapatkan informasi terkini. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga